Perpusnas Luncurkan Aplikasi BintangPusnas, Akses Jutaan Buku Lebih Mudah

Senin, 06 Maret 2023 - 16:23 WIB
loading...
Perpusnas Luncurkan Aplikasi BintangPusnas, Akses Jutaan Buku Lebih Mudah
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando pada Rakornas bidang Perpustakaan 2023. Foto/Dok/Perpusnas.
A A A
JAKARTA - Perpustakaan Nasional RI ( Perpusnas ) meluncurkan superapp BintangPusnas untuk meningkatkan akses dan konten digital perpustakaan di Indonesia. Dengan aplikasi itu, mengakses 1,3 juta koleksi buku dan digital lainnya kini lebih mudah.

Peluncuran aplikasi tersebut dilakukan di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2023 yang diselenggarakan Perpusnas di Jakarta hari ini, Senin (6/3/2023).

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengatakan, pada masa kini, perpustakaan berperan aktif bekerja dalam menjangkau masyarakat, bukan sekadar ruang untuk menyimpan buku.

Oleh karena itu, pihaknya meluncurkan superapp itu yang merupakan platform aplikasi terintegrasi Perpusnas dalam meningkatkan akses dan konten digital perpustakaan di Indonesia.

Baca juga: Jeritan Para Pelajar SMA di Kupang Masih Sulit Sesuaikan Waktu Belajar dan Tidur

"Koleksi BintangPusnas mencapai 1,3 juta koleksi buku dan koleksi digital lainnya untuk kebutuhan sekolah/madrasah dan perguruan tinggi," katanya, dalam keterangan resmi, Senin (6/3/2023).

BintangPusnas memuat beragam menu seperti, Indonesia Onesearch memiliki 12.187.091 unik entri. Ini adalah sebuah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia.

Sementara iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan didgital berbasis media sosial yang dilengkapi eReader untuk membaca ebook. Koleksi iPusnas dapat diunduh di Playstore dan Appstore.

Sementara Khastara memiliki 3.900 koleksi digital naskah lama yang dibagi dalam enam kategori. Yaitu naskah kuno, buku langka, peta, foto, gambar dan lukisan, majalah, surat kabar langka, mikro film, dan sumber lainnya.

Pada Rakornas tahun ini tema yang diangkat adalah Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang menjadi basis dalam mewujudkan pembangunan perpustakaan dan peningkatan budaya literasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2398 seconds (0.1#10.140)