UIN Walisongo Kukuhkan Prof Hasyim Muhammad sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pemikiran Islam

Rabu, 15 Maret 2023 - 20:06 WIB
loading...
UIN Walisongo Kukuhkan Prof Hasyim Muhammad sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pemikiran Islam
UIN Walisongo Semarang mengukuhkan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Prof Hasyim Muhammad sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pemikiran Islam. Foto/Dok/UIN Walisongo
A A A
JAKARTA - Universitas Islam Negeri ( UIN ) Walisongo Semarang mengukuhkan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Prof Hasyim Muhammad sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pemikiran Islam.

Pengukuhan berlangsung dalam Sidang Senat Terbuka yang dipimpin Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Imam Taufiq di Gedung Tgk. Ismail Yaqub, Kampus 3 UIN Walisongo, Semarang, Rabu (15/3/2023).



Pengukuhan Guru Besar ini menjadi rangkaian dari Dies Natalis UIN Walisongo ke 53 yang mengangkat tema “Berdaya Membangun Karya”.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof Hasyim Muhammad menyampaikan tema, “Mengembalikan Filsafat sebagai Basis Nalar Keislaman.” Prof Hasyim membahas tentang signifikansi filsafat sebagai alat studi ilmu-ilmu keislaman dan beragam kritik terhadap kelemahannya. Disampaikan pula beberapa alternatif pendekatan untuk menyempurnakannya.

Prof Hasyim Muhammad yang juga Dekan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora memiliki berbagai pengalaman dalam karirnya. Ia merupakan Sekretaris Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi (2002-2006), Ketua Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi (2006-2011).



Selain itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama (2011-2014) di Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang. Ia juga pernah menjabat sebagai Sekertaris Kopertais Wil X Jawa Tengah.

Prof Hasyim Muhammad menempuh pendidikan S1 Tafsir dan Hadis di IAIN Walisongo. Jenjang Magister Studi Islam dan Program Doktoral Studi Islam juga ditempuh di IAIN Walisongo Semarang.

Ia merupakan alumni Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran, Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Langitan Widang Tuban, Pesantren Ma’hadul Ulummis Syar’iyah Sarang Rembang, dan Pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2643 seconds (0.1#10.140)