Mahasiswa Perlu Tahu, Ini Kiat Menjadi Wirausaha Muda yang Tangguh

Minggu, 19 Maret 2023 - 22:50 WIB
loading...
A A A
Ihsan menekankan, untuk menjadi pengusaha harus mampu memiliki trust atau menjadi orang yang tepercaya. Menurutnya, integritas tinggi tersebutlah yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi seorang pengusaha. "Kesabaran Anda membangun integritas itu ada nilai ekonominya dan besar," kata Ihsan.

Co-Founder Evermos Ilham Taufiq Mulyadi menjelaskan terkait dua model bisnis utama saat ini yaitu pipeline dan platform. Ilham mengajak agar peserta terlebih dahulu mampu menentukan model mana yang akan digunakan untuk usahanya. "Kita harus memilih pipeline atau platform, ini harus berdasarkan skills, passion, dan DNA bisnis yang kita miliki," ujarnya.

Ilham juga mengingatkan tentang pentingnya membangun chemistry untuk membangun bisnis yang tangguh. "Kemudian jangan baper. Apalagi di awal-awal teman-teman bangun bisnis, bisa jadi idenya diremehkan," ujarnya.

Ketua Bidang UMKM BPP HIPMI Tri Febrianto mengajak Hima Persis tidak hanya mencetak wirausaha, namun turut dalam membantu mempersiapkan fondasi bisnis, manajemen, rantai pasok, dan akses permodalan bagi kader Hima Persis Preneur.

Tri mengatakan, HIPMI memiliki HIPMI PT yang sudah ada di kampus seluruh Indonesia dan memiliki anggota 7.000 hingga 8.000 orang. "HIPMI memahami bahwa ketika ingin menularkan virus-virus kewirausahaan, kampus menjadi tempat yang cocok untuk mendorong, menaikkan rasio tingkat pengusaha di negara kita yang tadinya 3 sampai 4 persen, kemudian kita naikkan di angka 7 sampai 8 persen, sehingga kita bisa bersaing minimal di tingkat ASEAN," jelasnya.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)