UGM Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PBU, Kenali 7 Kategorinya

Jum'at, 31 Maret 2023 - 11:42 WIB
loading...
UGM Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PBU, Kenali 7 Kategorinya
UGM membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Penelusuran Bibit Unggul (PBU). Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada ( UGM ) resmi membuka penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi atau Penelusuran Bibit Unggul (PBU). Calon mahasiswa yang tertarik bisa langsung mendaftar mulai 28 Maret 2023 hingga 12 April 2023.

Jalur PBU merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru UGM melalui seleksi mandiri, di samping Computer Based Test (CBT). Pada tahun ini UGM membuka tujuh jenis PBU dengan ketentuan peserta serta syarat dokumen yang berbeda-beda.

Prosedur pendaftaran untuk seluruh jenis PBU dilakukan melalui laman um.ugm.ac.id/pendaftaran. Calon peserta seleksi harus membuat akun pendaftaran dan masuk ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara daring.

Baca juga: 2 Tahun Beroperasi, PJJ Ilkom UMN Mendapatkan Akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT

Pada jalur ini, pendaftar berhak memilih dua program studi pada S1 dan/atau sarjana terapan (D4), di mana urutan pilihan menunjukkan prioritas. Pengumuman hasil seleksi sendiri akan disampaikan pada 15 Mei 2023.

7 Kategori Jalur PBU UGM 2023

1. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)


PBUTM merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap calon peserta dengan kemampuan akademik tinggi yang terkendala keterbatasan ekonomi

2. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)


PBUB diperuntukkan bagi siswa berprestasi di bidang olahraga, seni, dan IPTEK

3. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)


PBUK diperuntukkan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan, yang diusulkan serta dibiayai sepenuhnya oleh Mitra UGM yang kredibel sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan SDM.

4. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) Tugas Belajar Sekolah Vokasi

Sama halnya dengan PBUK, PBUK PBUK Tugas Belajar Sekolah Vokasi juga disediakan bagi putra-putri daerah yang berkomitmen tinggi dalam pembangunan, yang diusulkan, serta dibiayai sepenuhnya oleh Mitra UGM yang kredibel sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan SDM.

5. Penelusuran Bibit Unggul SMK (PBUSMK)

Ini adalah jalur khusus bagi siswa SMK untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik, keterampilan dan kematangan pribadi yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di sekolah.

6. Penelusuran Bibit Unggul 3T (PBU 3T)


Merupakan jalur seleksi yang baru dibuka pada tahun ini sebagai bagian dari komitmen UGM untuk meningkatkan inklusivitas melalui penjaringan bibit-bibit unggul dari seluruh penjuru Tanah Air. Jalur seleksi PBU 3T diperuntukkan bagi siswa kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat yang berasal dari daerah Tertinggal, Terdepan, atau Terluar (3T) yang memenuhi kriteria umum pendaftar PBU 3T.

7. Penelusuran Bibit Unggul 3T (PBU 3T)-Laboratorium Tridarma UGM.

Jalur seleksi PBU 3T-Laboratorium Tridarma UGM diperuntukkan bagi siswa kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat dari 3T yang memenuhi kriteria umum Pendaftar PBU 3T dan daerahnya bersedia menjadi laboratorium Tridarma UGM.

Baca juga: Dosen FK UMM Beri Daftar Makanan yang Harus Dihindari saat Berbuka, Nomor 1 Paling Favorit

Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. dr. Gandes Retno Rahayu menjelaskan, dari seluruh program yang memungkinkan untuk selain lulusan tahun ini adalah PBU Berprestasi klaster seni dan olahraga serta Tugas Belajar Sekolah Vokasi.

“Saya ingat masa tahun 90-an, banyak teman dari pelosok tanah air bisa masuk UGM karena PBUD (Penelusuran Bibit Unggul Daerah). Saat ini faktanya banyak yang jadi orang hebat di daerahnya,” tutur Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat KAGAMA, Ari Dwipayana, dikutip dari laman UGM, Jumat (31/3/2023).

KAGAMA, menurutnya, perlu bersinergi dengan pemerintah daerah setempat untuk menjaring talenta dari daerah 3T agar bisa mendapat kesempatan belajar di perguruan tinggi terbaik.

Langkah afirmasi ini dibutuhkan mengingat data tiga tahun terakhir, pendaftar calon mahasiswa baru UGM untuk program sarjana dan sarjana terapan mayoritas masih berasal dari Pulau Jawa.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6284 seconds (0.1#10.140)