Daftar Jurusan Kuliah yang Didominasi oleh Pria, Gaji Tinggi dan Karier Menjanjikan

Kamis, 06 April 2023 - 17:21 WIB
loading...
A A A
Kondisi serupa juga terjadi pada tahun sebelumnya. Dari total 86 orang yang terdaftar, 60 di antaranya adalah mahasiswa sementara jumlah mahasiswinya hanya 17 orang.

Serupa dengan jurusan teknik lainnya, teknik kimia juga memiliki prospek kerja yang luas. Fokus mempelajari tentang teknologi perancangan pabrik, alumnus teknik kimia bisa bekerja di pabrik lokal, asing, serta kantor pemerintahan. Bahkan, tak sedikit dari alumni teknik kimia yang menjadi tenaga ahli dan dosen.

4. Teknik Elektro

Teknik elektro adalah jurusan kuliah dengan banyak peminat, termasuk di teknik elektro Universitas Syiah Kuala atau Unsyiah. Data pada tahun 2022 menyatakan bahwa peminat tahun 2022 melalui jalur SBMPTN adalah 237 orang, sementara peminat terbanyak ada di tahun 2015 dengan 789 orang. Dari jumlah tersebut, hanya terjaring 117 orang dengan rincian 97 mahasiswa dan 20 mahasiswi.

Selama perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari rangkaian listrik dan sub bidang lain dalam teknik elektro, seperti telekomunikasi, elektronika, teknik tenaga listrik, dan lainnya. Prospek kerja yang tersedia pun sangat baik. Alumni teknik elektro dapat bekerja di perusahaan BUMN, perusahaan swasta, perusahaan asing, dan kantor pemerintahan.

5. Teknik Komputer

Terdengar sebagai jurusan kuliah yang diminati pria serta wanita, teknik komputer rupanya lebih banyak dipilih oleh pria. Data Unsyiah menyebut, jumlah peserta didik jurusan teknik komputer tahun 2022 adalah 114 orang, di mana wanita hanya berjumlah 38 orang dan sisanya didominasi pria.

Jurusan teknik komputer semakin diminati lantaran perkembangan teknologi terus meningkat. Selama menjalani proses belajar, peserta didik akan menerima beragam mata kuliah seperti fisika listrik, kalkulus, dasar sistem digital, aljabar linier, matematika teknik, rangkaian listrik, dan masih banyak lagi.

Lulusan teknik komputer bisa berprofesi sebagai pegawai di kantor pemerintahan, pebisnis, dan bekerja di perusahaan asing.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)