Karya Animasi SMK hingga Robot Humanoid Polibatam akan Tampil di Hannover Messe 2023

Jum'at, 14 April 2023 - 14:54 WIB
loading...
A A A
Terdapat 13 kementerian/lembaga yang akan turut berpartisipasi di ajang tersebut, salah satunya adalah Kemendikbudristek, di mana Ditjen Pendidikan Vokasi menjadi salah satu co-exhibitors-nya.

Dengan semangat Infinite Journey, Ditjen Pendidikan Vokasi akan mempersembahkan transformasi pendidikan vokasi di bidang teknologi robotika, artificial intelligence (AI), ekosistem kendaraan listrik, hingga industri kreatif. Dirjen Pendidikan Vokasi juga dijadwalkan akan menjadi pembicara dalam sesi konferensi dengan tema Human Capital.

Sementara itu, produk-produk inovasi satuan pendidikan vokasi yang ditampilkan di Hannover Messe antara lain Robot Humanoid karya Politeknik Negeri Batam (Polibatam) dan produk fabrication laboratory dari Sekolah Vokasi UGM.

Selain itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi juga akan menampilkan ekosistem kendaraan listrik yang sedang dikembangkan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melalui produk mobil listrik Flex Ev, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Tenaga Surya (SPKLTS), dan bengkel konversi kendaraan listrik.

Untuk mendukung sustainability, Ditjen Pendidikan Vokasi membawa inovasi eco material berupa bioplastik berbahan dasar nata de coco dan varnish dari minyak kelapa sawit hasil inovasi Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia), Jakarta.

Sementara di industri kreatif, selain produk animasi Ficusia (Polibatam), Ditjen Pendidikan Vokasi juga akan menampilkan karya animasi siswa SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus, Jawa Tengah.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Universitas Terbuka yang Perlu Calon Mahasiswa Ketahui

Delegasi Ditjen Pendidikan Vokasi akan berangkat ke Jerman pada Jumat (14-04-2023). Pameran Hannover Messe 2023 akan berlangsung selama sepekan sejak 17—21 April 2023. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir di pameran tersebut.

Berikut jenis produk unggulan yang akan ditampilkan Kemendikbudristek dan perguruan tinggi di Hannover Messe.

1. Kemendikbudristek. Produk unggulannya adalah
a. Showcase policy / kebijakan Kementerian seperti MBKM, Kedaireka, IISMA Vokasi
b. Showcase potensi kemitraan dengan berbagai Politeknik atau SMK Pusat Keunggulan, Perusahaan yang relevan dengan sektor vokasi di Indonesia (e.g. D-Tech atau D-lab di Salatiga)
c. Showcase dari perusahaan / company Indonesia yang menunjukkan keberhasilan inovasi dari Pendidikan Vokasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)