Implementasi Kurikulum Merdeka Tarik Minat Ribuan Sekolah di Maluku Utara

Jum'at, 28 April 2023 - 08:25 WIB
loading...
A A A
Diskusi Implementasi Kurikulum Merdeka dan Program Guru Penggerak di SMA Negeri 4 Ternate. Foto/BKHM.

"Meski menemui tantangan namun kami harapkan mutu pendidikan berkembang baik namun seluruh upayanya harus bermuara ke peserta didik," tutur Santoso.

Sementara Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Maluku Utara Subagiana menjelaskan, melalui bimbingan dari BPMP dan juga peran serta berbagai komunitas pendidikan Kurikulum Merdeka bisa dijalankan di 163 sekolah di Tahun Akademik 2023/2023.

"Daerah kami merupakan daerah kepulauan dan merupakan suatu lompatan luar biasa ada sekitar 2.000 sekolah yang mendaftar di IKM," imbuhnya.

Baca juga: 20 SMK Terbaik di Jateng Versi UTBK 2022, Mana Sekolah Impianmu?

Dia menyatakan, pihaknya memang memiliki keterbatasan baik dalam sarana prasarana dan juga SDM. Oleh karena itu kolaborasi pemerintah daerah dan juga komunitas untuk mendukung IKM dan program Kemendikbudristek lainnya sangat diperlukan.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 4 Ternate Kandacong mengatakan, tahun ini sekolah yang dipimpinnya memberanikan diri untuk turut menerapkan implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah.

Dia mengungkapkan, SMAN 4 Ternate pada implementasi Kurikulum 2005 ditunjuk sebagai sekolah penyelenggara terbatas. Lalu pada Kurikulum 2013 dan program sekolah zonasi, sekolah ini juga menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk untuk menerapkannya.

"Dan itu membuat saya tertantang. Perubahan kurikulum itu adalah sebuah keniscayaan, berubah sesuai zaman dan Gen Z saat ini berbeda dengan generasi saya dulu," ucapnya.

Dia menuturkan, sekolahnya menjadi pilot project program presisi dari Ditjen Kebudayaan untuk mengangkat kebudayan-kebudayaan lokal seperti kegiatan membuat sabun dengan aroma cengkeh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0756 seconds (0.1#10.140)