Hari Ini, UIN Jakarta Resmi Buka Seleksi Masuk Jalur SPMB Mandiri dan SMM PTN Barat

Senin, 08 Mei 2023 - 00:10 WIB
loading...
A A A
Peminat Prodi Pendidikan Dokter misalnya harus berasal dari SMA/MA/Pesantren jurusan IPA dan tidak buta warna. Begitu juga untuk siswa lulusan SMK terdapat sejumlah ketentuan khusus dan tambahan seperti lulusan SMK Teknik pemilih Paket IPA hanya diperbolehkan memilih Prodi Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Matematika, Kimia, Fisika, dan Teknik Pertambangan.

Lainnya, pendaftar Fakultas Dirasat Islamiyah harus lancar membaca al-Qur’an, memiliki hafalan al-Qur’an, serta dapat menulis, membaca, dan memahami Bahasa Arab tingkat dasar. Begitu juga peminat Program Studi Ilmu Keperawatan, siswa atau siswi peminat prodi ini harus memiliki tinggi badan minimal 160 cm (pria) dan minimal 155 cm (wanita).

Jalur SPMB Mandiri sendiri menawarkan seluruh prodi sarjana UIN Jakarta. Pemilihan prodi ditentukan dalam dua paket, yaitu Paket IPS dan Paket IPA.

Paket IPS dapat dipilih oleh lulusan seluruh jurusan yang berasal dari Madrasah Aliyah, Pesantren, SMA, SMK, dan yang sederajat. Sedang Paket IPA hanya dapat dipilih oleh lulusan yang berasal dari SMA Jurusan IPA, Madrasah Aliyah Jurusan IPA, Pesantren Jurusan IPA, SMK Teknik, SMK Pertanian, SMK Farmasi, SMK Keperawatan, dan SMK Analis.

Selain SPMB Mandiri, di hari yang sama jalur SMM PTN Barat juga menjadwalkan pembukaan pendaftaran setelah Jumat (5/5) sebelumnya diluncurkan Panitia SMM PTN Barat 2023. 25 PTN wilayah barat, termasuk UIN Jakarta, membuka pendaftaran seleksi masuk yang bisa diakses secara daring di laman https://smmptnbarat.id/.

Di jalur SMM PTN Barat, UIN Jakarta menawarkan 14 prodi di empat fakultas. Di antaranya Prodi Agribisnis, Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika, dan Teknik Pertambangan (Fakultas Sains dan Teknologi); Farmasi, Ilmu Keperawatan, dan Kesehatan Masyarakat (Fakultas Ilmu Kesehatan); Kedokteran (Fakultas Kedokteran); Pendidikan/Tadris Kimia dan Pendikan/Tadris Matematika (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).

Terpisah, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) Priyono M.Pd mengungkapkan, selain dua jalur yang dibuka bersamaan pada Senin 8 Mei, jalur seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) masih dibuka hingga Senin 15 Mei 2023 mendatang sejak dibuka 10 April lalu. “Pendaftaran jalur ini masih dibuka hingga satu minggu ke depan. Bagi peminat jalur ini, silahkan daftar secepatnya,” imbaunya.

Pendaftaran jalur UM-PTKIN sendiri bisa dilakukan secara daring melalui laman https://um.ptkin.ac.id/. Tak kurang dari 30 prodi ditawarkan UIN Jakarta melalui jalur UM-PTKIN seperti Prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Biologi, Tadris Fisika, Manajemen Pendidikan, Tadris Bahasa lndonesia, Tadris IPS, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan).

Lalu, Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah Peradaban Islam, Tarjamah (Fakultas Adab dan Humaniora); Prodi Studi Agama Agama, Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir, Ilmu Hadis, Aqidah dan Filsafat Islam, dan Ilmu Tasawuf (Fakultas Ushuluddin). Selanjutnya, Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah), Perbandingan Mazhab, Hukum Tata Negara (Siyasah), Hukum Pidana Islam (Jinayah), dan Hukum Ekonomi Syari`ah (Mu`amalah) (Fakultas Syariah dan Hukum).

Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Bimbingan Penyuluhan Islam (Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi); Prodi Dirasat Islamiyah (Fakultas Dirasat Islamiyah). Terakhir, Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)