BAN PAUD dan PNF Kembangkan 10 Program Strategis untuk Proses Akreditasi

Rabu, 31 Mei 2023 - 15:49 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Tingkatkan Kompetensi, 450 Guru di Samarinda Dapat Pelatihan Mengajar dari PSF-SDO

BAN PAUD dan PNF juga telah menginisiasi alternatif asesmen akreditasi tanpa kunjungan langsung ke satuan pendidikan untuk sasaran re-akreditasi.

“Sejak tahun 2022 telah dilakukan pengembangan otomasi re-akreditasi, yaitu sistem penilaian bagi satuan PAUD yang akan diakreditasi ulang atau re-akreditasi melalui penggunaan aplikasi online tanpa harus visitasi," tuturnya.

"Implementasi otomasi re-akreditasi akan dilakukan secara terbatas pada tahun 2023 terutama pada satuan PAUD yang diakreditasi pada tahun 2018,” lanjutnya.

Selanjutnya, BAN PAUD dan PNF melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki manajemen dan tata kelola organisasi. “Pada awal periode jabatan, ujarnya, pihaknya melakukan pengesahan ulang keanggotaan BAN PAUD dan PNF Provinsi yang sebelumnya ditetapkan oleh Gubernur, diubah menjadi ketetapan Ketua BAN PAUD dan PNF.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan transformasi metode seleksi anggota BAN PAUD dan PNF Provinsi yang diubah menjadi pola rekrutmen terbuka sesuai dengan tahapan dan kuota yang sudah ditentukan.

Terakhir dia menjelaskan adanya refleksi terhadap proses akreditasi terutama dalam hal pembinaan satuan pendidikan pada perpanjangan masa jabatan hingga Mei 2023.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Standar Kebijakan Pendidikan (PSKP) Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Irsyad Zamzani, memberikan apresiasi atas capaian BAN PAUD dan PNF.

“Atas nama pemerintah kami berterima kasih atas transformasi pelaksanaan akreditasi yang semakin mengedepankan penilaian performa, bukan sekadar administrasi, serta capaian capaian akreditasi dan kinerja BAN PAUD dan PNF lainnya,” pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3162 seconds (0.1#10.140)