Inilah 5 Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Termurah, Pilih Malaysia atau Jerman?

Rabu, 07 Juni 2023 - 12:40 WIB
loading...
A A A
5. Humboldt Universitat zu Berlin, peringkat 131 dunia berdasarkan QS 2023

Biaya Kuliah

Salah satu hal yang menarik bagi pelajar internasional tentang pendidikan tinggi di Jerman adalah fakta bahwa seluruh program studi jenjang Sarjana dan banyak program studi jenjang Master di seluruh perguruan tinggi negeri di Jerman tidak dikenai biaya sehingga pelajar internasional dapat menempuh studi dengan gratis di Jerman.

Meskipun demikian, pelajar internasional yang melanjutkan studi di beberapa program Master, online degree atau program studi di universitas swasta di Jerman tetap harus membayar biaya kuliah yang bisa mencapai lebih dari 10.000 Euro per semester.

Meskipun tidak perlu mengeluarkan biaya kuliah, pelajar internasional di Jerman tetap diwajibkan membayar kontribusi kepada universitas setiap semester, yang disebut dengan semester fee.

Biaya Hidup

Untuk biaya hidup di Jerman, pelajar internasional rata-rata membutuhkan biaya sekitar 867 Euro setiap bulannya. Biaya hidup ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

1. Semester fee, yang berkisar antara 100 – 350 Euro per semester

2. Biaya akomodasi dan lain-lain, yang berkisar antara 290 – 560 Euro per bulan

3. Biaya transportasi publik, yang berkisar antara 25 – 200 Euro per semester

4. Biaya asuransi kesehatan, yang berkisar antara 110 Euro per bulan.

2. Malaysia

Negara tetangga ini juga bisa dijadikan alternatif destinasi studi untuk pelajar internasional.

Malaysia menawarkan pendidikan tinggi yang berkulalitas dengan biaya yang jauh lebih terjangkau.

Dalam daftar Best Student Cities yang dirilis oleh QS Tahun 2023, Kuala Lumpur yang merupakan ibukota dari Malaysia berhasil menduduki peringkat ke-28 kota pelajar terbaik dari 140 kota pelajar terbaik lain di dunia.

Selain ramah untuk pelajar, lingkungan yang multikultural, negara yang aman serta kesempatan untuk mendapatkan kualifikasi akademik dari universitas terbaik di dunia yang membuka cabang di Malaysia, juga merupakan beberapa kelebihan yang bisa didapatkan pelajar internasional yang belajar di Malaysia.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)