Pendaftaran Seleksi Mandiri SIMA Unand 2023 Dibuka Hari Ini, Cek Infonya

Kamis, 15 Juni 2023 - 05:46 WIB
loading...
Pendaftaran Seleksi Mandiri SIMA Unand 2023 Dibuka Hari Ini, Cek Infonya
Seleksi Masuk (SIMA) Universitas Andalas (Unand) dibuka hari ini, Kamis 15 Juni 2023. Foto/Dok/Unand.
A A A
JAKARTA - Universitas Andalas (Unand) membuka pendaftaran Seleksi Masuk (SIMA) hari ini, Kamis 15 Juni 2023. Jalur seleksi mandiri ini menyediakan kuota sebanyak 2.386 kursi untuk mahasiswa baru.

Wakil Rektor I Universitas Andalas (Unand) Prof Mansyurdin mengatakan, daya tampung penerimaan mahasiswa baru jalur SIMA itu sebanyak 42 persen dari total yang tersedia di Unand.

Dari total 7.350 kursi di penerimaan tahun ini, 2.386 disediakan untuk mahasiswa baru jalur SIMA. Sementara sisanya adalah untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Pestasi (SNBP) dan Tes (SNBT).

"“Kuota ini juga akan bertambah setelah ditambahkan Program Studi (Prodi) Sarjana Arsitektur Fakultas Teknik dan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB),” katanya, dikutip dari laman Unand, Kamis (15/6/2023).

Baca juga: Materi Ujian dan Jadwal UM CBT UGM 2023, Pelajari supaya Bisa Lulus

SIMA 2023 terbagi atas beberapa jalur. Berikut ini informasinya.

4 Jalur SIMA Unand 2023

1. SIMA Akademik Nilai UTB


Kuota: 770 orang

2. SIMA Akademik Ujian Tertulis


Kuota: 1.154 orang

3. SIMA Prestasi, Kerja Sama, Disabilitas

Kuota 428 orang

4. SIMA Kelas Internasional

Kuota: 40 orang

Baca juga: Cerita Perjuangan Ezri, Mahasiswa Asal Papua yang Sukses Tembus IISMA ke Italia

SIMA Unand Kelas Internasional


Dia menambahkan, SIMA Kelas Internasional baru tahun ini dibuka yang akan diisi oleh mahasiswa Indonesia yang akan kuliah ke luar negeri dengan sejumlah kampus mitra Unand.

Mahasiswa kelas internasional ini nantinya akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk bekerja dan mengembangkan bakat dan potensi dirinya di luar negeri.

Guru Besar FMIPA ini menjelaskan, untuk saat ini baru tiga program studi yang menyelenggarakan SIMA Kelas Internasional. Yaitu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Dia menjelaskan pengalaman belajar mahasiswa di perguruan tinggi luar negeri dapat ditempuh melalui program pengumpulan kredit (credit earning) paling sedikit 2 (dua semester); dan/atau program gelar bersama (join degree) atau pun program gelar ganda reguler (double degree atau dual degree).

“Transportasi keberangkatan dan kepulangan serta biaya hidup dapat ditanggung oleh Unand jika beban belajar yang dilaksanakan di perguruan tinggi luar negeri minimal 20 SKS per semester,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)