Sutardji Calzoum Raih Anugerah Sastra 2023, Denny JA: Bangsa Ini Telah Lahirkan Penulis Besar

Minggu, 25 Juni 2023 - 22:21 WIB
loading...
Sutardji Calzoum Raih Anugerah Sastra 2023, Denny JA: Bangsa Ini Telah Lahirkan Penulis Besar
Sambutan Denny JA yang disampaikan saat acara Hadiah Sastra untuk Sutardji Calzoum Bachry di TIM, Jakarta (24/6/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - "Penyair itu pemimpin spiritual sebuah bangsa, ia menjadi cermin batin terdalam komunitasnya."

Sepenggal kalimat dari Johann Wolfgang von Goethe (1749-1832) itu dikutip Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena, Denny JA, dalam pidatonya yang dibacakan di acara Hadiah Sastra untuk Sutardji Calzoum Bachri di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu malam (24/6/2023).

Sutardji Calzoum Bachri adalah seorang penyair kontemporer terkemuka Indonesia. Berkat dedikasinya terhadap perkembangan syair di Indonesia, dia dijuluki sebagai Presiden Penyair Indonesia dan diberi gelar Datuk Seri Pujangga Utama.



Sutardji Calzoum Bachri yang merupakan pelopor penyair angkatan 1970-an itu juga dikenal dengan ungkapan Kredo Puisi yang menyatakan bahwa kata-kata harus terbebas dari pengertian dan beban ide. Kredo puisi memberikan pemahaman pembaca terhadap karya-karya sajak dan sikap kepenyairannya.

Merenangkan Sutardji Calzoum Bachri, Denny JA kembali mengingat pada 1981, ketika pertama kali dirinya menjadi mahasiswa. Saat itulah Denny JA berkenalan dengan puisi Sutardji Calzoum Bachri.

Denny JA mengingat momen ketika dirinya berada di beranda Masjid Salemba UI dan mengulang-ulang membaca puisi Sutardji Calzoum Bachri yang berjudul kucing yang ditulis pada 1973.



“Sebagian bait itu saya hafal luar kepala. ‘Berapa Tuhan yang kalian punya? ???????????????? ???????????? ????????????????, ???????????????????????????? ???????????????????????? ???????????????????????????????? ???????????????? ????????????. ???????????? ???????????????????????? ???????????????????????????????????? ???????? ????????????????????????, ???????????? ???????????????????????? ???????????????????????????????????? ???????? ????????????????????????, ???????????? ???????????????????????? ???????????????????????????????????? ???????? ????????????????, ???????????? ???????????????????????? ???????????????????????????????????? ???????? ????????????????-????????????????, ???????????????????? ???????????????? ???????????????????? ???????????? ???????????????? ???????????????????? ???????????????? ????????????????. ????????????????????????????, ???????????????? ???????????????? ????????????????????????????. ???????????????????????????? ???????????????????? ????????????, ???????????????????????????? untuk aku,” ungkap Denny JA.

Denny JA juga mengaku teringat dengan puisi Sutardji Calzoum Bachri yang berjudul “Walau” yang tulis pada 1979.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2621 seconds (0.1#10.140)