7 Sekolah Kedinasan Gratis, Lulusannya Dijamin Langsung Kerja

Selasa, 27 Juni 2023 - 14:51 WIB
loading...
A A A
Salah satu syarat jika pendaftar dinyatakan lulus serangkaian tes masuk di sekolah kedinasan gratis ini adalah tidak diperkenankan mengundurkan diri.

Selain itu, pendaftar bersedia ditempatkan di seluruh kampus IPDN saat menempuh pendidikan serta bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS untuk ditugaskan di berbagai wilayah Indonesia.


3. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah sekolah kedinasan yang dinaungi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan tidak memungut biaya pendidikan.

STMKG menyelenggarakan program D-IV dengan empat jurusan, yaitu Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi.

Salah satu persyaratan umum dalam penerimaan taruna baru STMKG adalah bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan.

Selain itu, bersedia pula untuk ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia


4. Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika STIS merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS).

Sekolah kedinasan yang tidak memungut biaya pendidikan ini memiliki tiga program studi yang dapat dipilih calon mahasiswa.

Tiga prodi tersebut adalah D-III Statistika, D-IV Statistika, dan D-IV Komputasi Statistik. Pada saat penerimaan mahasiswa baru, calon mahasiswa dapat memilih formasi penempatan CPNS berdasarkan provinsi dan program studi yang diinginkan.

Lulusan D-III Statistika akan diangkat dalam jabatan fungsional Statistisi Terampil golongan II/c. Lulusan D-IV diangkat dalam jabatan fungsional Statistisi Ahli Pertama golongan III/a.

Sedangkan lulusan D-IV Komputasi Statistik diangkat dalam jabatan fungsional Pranata Komputer Ahli Pertama golongan III/a.


5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). STIN menawarkan empat program studi, yaitu Agen Intelijen, Teknologi Intelijen, Cyber Intelijen, dan Ekonomi Intelijen.

Seperti sekolah kedinasan dengan ikatan dinas lainnya, para taruna tidak dipungut biaya pendidikan selama berkuliah di STIN. Selain itu, taruna juga mendapat fasilitas asrama, konsumsi, dan seragam. STIN memberikan jaminan kerja bagi para taruna yang lulus dengan diangkat menjadi CPNS.


6. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)