Mahasiswa, Ini 11 Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Rabu, 28 Juni 2023 - 14:31 WIB
loading...
A A A
UGM, UPN Veteran Jakarta, UII, Telkom University, UIN Sunan Kalijaga, dan Universitas Brawijaya menjadi beberapa kampus dengan jurusan Teknik Industri Unggul BAN PT.

9. Farmasi


Sama seperti kemajuan teknologi dan internet, kemajuan bidang kesehatan juga berkembang pesat, terutama di sektor obat-obatan. Maka dari itu, lulusan Jurusan Farmasi tentu saja memiliki masa depan cerah. Farmasi menjadi jurusan kuliah yang mudah dapat kerja dan gaji besar.

Lulusan Jurusan Farmasi juga dapat mendirikan apotek yang nantinya bisa bekerja sama dengan dokter atau rumah sakit tertentu.

Jurusan Farmasi terakreditasi Unggul BAN PT salah satunya ada di UNS, Universitas Syiah Kuala, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan Universitas Brawijaya.

10. Akuntansi


Sama halnya marketing, perusahaan di bidang apa pun pasti membutuhkan seorang accounting. Tidak hanya untuk mengatur keuangan perusahaan, tetapi accounting juga akan mengatur pembayaran pajak yang sifatnya wajib.

Nantinya, di Jurusan Akuntansi ada berbagai konsentrasi, yaitu general accounting, auditing, management accounting, governmental accounting, budgetary accounting, dan lainnya.

Akuntansi dengan predikat Unggul BAN PT di antaranya di Universitas Jember, Universitas Negeri Malang, Universitas Pancasakti Tegal, Universitas Pancasila, UIN Sumatera Utara, dan lainnya.

11. Kedokteran/Perawat


Tahukah kamu jika Indonesia membutuhkan lebih banyak dokter dan perawat, terutama untuk ditempatkan di daerah 3T (terluar, terpencil, dan tertinggal). Biasanya, dokter dan perawat yang ditempatkan di daerah ini akan diberi kontrak khusus oleh pemerintah sehingga tentu saja gajinya tidak main-main.

Itulah mengapa kedokteran menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Namun, jika ingin memilih jurusan ini, diperlukan komitmen tinggi karena masa belajarnya terbilang lama.

Usai lulus S-1, kamu tidak bisa langsung bekerja, tetapi harus menjalani koas sebagai calon dokter selama 2 tahun. Selesai menjalani koas, kamu harus ujian kompetensi untuk bisa mendapatkan sumpah dokter setelah lulus.

Tidak berhenti di sana, dokter muda harus menjalani magang sebelum mendapatkan surat izin praktik secara resmi. Ketika usai magang, jika kamu tidak puas dengan title sebagai dokter umum, kamu bisa mengambil spesialisasi dengan bersekolah lagi selama 4–6 tahun.

Unpad, Unsoed, Universitas Lambung Mangkurat, Unhas, Universitas Yarsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan beberapa kampus terakreditasi Unggul BAN PT untuk jurusan Kedokterannya.

Sedangkan USU, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budhi Luhur Cimahi, Universitas Muhammadiyah Surabaya, dan Unpad merupakan beberapa kampus dengan jurusan Ilmu Keperawatan Unggul BAN PT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)