Mengenal Prodi Teknologi Manajemen Produksi Perkebunan IPB dan Prospek Kerjanya

Jum'at, 30 Juni 2023 - 07:40 WIB
loading...
Mengenal Prodi Teknologi Manajemen Produksi Perkebunan IPB dan Prospek Kerjanya
Mengenal prodi Teknologi Manajemen Produksi Perkebunan SV IPB University. Foto/Dok/IPB.
A A A
JAKARTA - Program Studi (Prodi) Pendidikan Terapan Teknologi Manajemen Produksi Perkebunan (TMP) Sekolah Vokasi IPB University merupakan prodi terakreditasi A. Prodi ini dapat menjamin lulusan kompeten di bidang industri perkebunan.

Prodi ini dibentuk berdasarkan okupasi, kurikulumnya disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Prodi TMP memiliki visi untuk menjadi program sarjana terapan yang unggul dan berdaya saing di Asia serta menghasilkan lulusan profesional di bidang perkebunan,” ujar Ketua Prodi TMP Sekolah Vokasi IPB University Ade Astri Muliasari, melalui siaran pers, Jumat (30/6/2023).

Ada Beasiswa


Ia mengungkapkan, prodi TMP merupakan satu-satunya prodi di IPB University yang bekerja sama dengan salah satu perusahaan besar swasta kelapa sawit, yaitu PT Minamas Plantation sejak tahun 2010.

Berkat kerja sama ini, mahasiswa berpeluang mendapatkan beasiswa ikatan dinas secara penuh, mulai dari biaya hidup, sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), wisuda hingga jaminan diterima bekerja.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Lulusan Fakultas Psikologi, Menjanjikan untuk Masa Depan

“Kurikulum yang disusun juga mendukung program MBKM. Mahasiswa diikutkan untuk magang industri bersama mitra perusahaan maupun program yang diselenggarakan oleh kementerian seperti Indonesian International Student Mobility Awards Vokasi (IISMAVO) dan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB),” ujarnya.

Prospek Kerja


Prospek kerja lulusan adalah sebagai asisten divisi atau asisten afdeling hingga ke level manajerial. Lulusan juga dapat berkarir sebagai asisten peneliti, penyuluh perkebunan dan wirausaha perkebunan. Lulusan Prodi TMP paling banyak diserap di industri sawit dan tebu.

“Jangan berpikir pertanian sifatnya konvensional, padahal teknologi kekinian sudah mulai berkembang dan difasilitasi di prodi ini. Selama masyarakat masih membutuhkan banyak produk yang berasal dari komoditas perkebunan seperti minyak goreng dan gula, maka dunia perkebunan akan selalu ada, lapangan pekerjaan akan selalu tersedia,” ia melanjutkan.

“Indonesia merupakan produsen utama kelapa sawit, sehingga lapangan kerja terbuka lebar, beasiswa juga terbuka lebar, misalnya beasiswa dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Saat ini prodi TMP mendapat kuota beasiswa full dari BPDPKS bagi 30-60 orang calon mahasiswa yang berasal dari pekebun atau keluarga pekebun,” lugasnya.

Keunggulan Prodi TMP


Selain itu, mahasiswa juga diberikan materi pengembangan profesi, manajemen konflik dan komunikasi penyuluh perkebunan, sehingga diharapkan lulusan dapat berpikir kreatif dan kritis serta mampu menghadapi permasalahan di perkebunan.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Diburu 5 Tahun ke Depan, Pilih Sesuai Minat

Menurut Ade, kurikulum tersebut merupakan salah satu keunggulan prodi TMP. Kurikulum dibentuk sesuai okupasi dan jenjang karier lulusan mulai dari sisi aspek teknis produksi tanaman, pengetahuan di level pendamping mandor hingga materi dasar manajerial untuk mengelola sumber daya perkebunan.

“Pembelajaran di prodi TMP juga dirancang secara dual sistem, mahasiswa belajar di industri dan di kampus. Pengajar dan dosen berasal dari kampus dan praktisi industri, sehingga dapat menghasilkan lulusan berkompetensi,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)