5 Jurusan Diploma Favorit di UGM, Bisa Jadi Acuan Masuk PTN Tahun Depan

Selasa, 11 Juli 2023 - 06:47 WIB
loading...
A A A
Dikutip dari laman sidata-ptn.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, jumlah peminat jurusan Manajemen dan Penilaian Properti pada 2022 sebanyak 466 orang.

3. Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi


Berikutnya ada program studi D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi. Lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa menguasai keilmuan pengelolaan arsip, preservasi arsip, dan pemanfaatan arsip sebagai sumber informasi serta pengetahuan, baik dalam bentuk arsip digital maupun arsip konvensional.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Favorit di Kampus Luar Negeri, Adakah Pilihanmu?

Memiliki akreditasi ‘Baik’, jurusan ini juga mempunyai sederet prospek kerja bagi para lulusannya. Di antaranya seperti bekerja di lembaga kearsipan (ANRI, lembaga kearsipan daerah, dll), lembaga negara (kementerian), hingga perusahaan swasta seperti media online.

Dikutip dari laman sidata-ptn.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, jumlah peminat jurusan Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi pada 2022 sebanyak 443 orang.

4. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Para lulusan program studi D4 ini diharapkan bisa memiliki kemampuan analisis, perancangan, validasi, pengembangan (pemrograman), hingga keamanan perangkat lunak (software). Selain itu, mereka juga nantinya akan belajar terkait pemanfaatan multimedia guna menciptakan karya teknologi yang dapat berfungsi secara efektif dan efisien.

Prospek kerja yang dimiliki dari Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak cukup beragam. Para lulusannya bisa bekerja di perusahaan teknologi, instansi pemerintah, serta perusahaan lain yang membutuhkan ahli pengembangan perangkat lunak.

Dikutip dari laman sidata-ptn.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, jumlah peminat jurusan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak pada 2022 sebanyak 422 orang.

5. Akuntansi Sektor Publik

Program studi D4 Akuntansi Sektor Publik mempersiapkan lulusan yang mempunyai kemampuan dalam keilmuan akuntansi sektor publik, manajemen sektor publik, audit internal sektor publik,, audit eksternal sektor publik, konsultasi sektor publik, hingga analisis pendapatan daerah.

Melihat cakupan belajarnya yang cukup luas, lulusan dari prodi ini bisa bekerja di berbagai sektor. Di antaranya seperti kantor akuntan publik, organisasi nirlaba, pemerintah pusat, dan perusahaan lainnya.

Dikutip dari laman sidata-ptn.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, jumlah peminat jurusan Akuntansi Sektor Publik sebanyak 400 orang.

Itulah sejumlah jurusan diploma favorit di UGM yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)