ITS Juara Shell Eco Marathon 2023, Jadi Wakil Asia Pasifik dan Timur Tengah di DWC 2023

Selasa, 11 Juli 2023 - 08:05 WIB
loading...
ITS Juara Shell Eco Marathon 2023, Jadi Wakil Asia Pasifik dan Timur Tengah di DWC 2023
Tim Mobil Hemat Energi ITS akan menjadi wakil Asia Pasifik dan Timur Tengah di DWC 2023. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Tim mobil hemat energi ITS berhasil meraih juara ajang Shell Eco-Marathon (SEM) Asia Pasifik dan Timur Tengah 2023. Tim ITS juga akan mewakili Asia Pasifik dan Timur Tengah di DWC 2023 India.

Tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meraih juara pertama on-track pada kategori Urban Concept Internal Combustion Engine.

Sementara Tim Antasena ITS meraih juara ketiga on-track kategori Prototype Hydrogen Fuel Cell pada ajang Shell Eco-Marathon (SEM) Asia Pasifik dan Timur Tengah 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok yang berakhir, Minggu (9/7/2023).

Tim Sapuangin juga berhasil menduduki posisi ketiga untuk mewakili Asia Pasifik dan Timur Tengah di ajang Drivers' World Championship (DWC)+ 2023 yang akan berlangsung di India. Sejumlah penghargaan lain pun sukses disabet oleh Tim Sapuangin dan Antasena pada SEM 2023 ini.

Pada perlombaan off-track kategori lomba Virtual Programme, Tim Sapuangin ITS berhasil menyabet juara pertama Data and Telemetry Award. Tidak hanya itu, pada kategori lomba Eco-friendly, Tim Antasena ITS juga meraih juara kedua Carbon Footprint Reduction Award.

Baca juga: Mengenal Mobil Hemat Energi UGM Semar Urban Hydroz, Apa Keunggulannya?

Gelaran on-track terbagi menjadi dua kategori kendaraan, yaitu Prototype dan Urban Concept dengan tiga nomor bahan bakar energi yaitu Internal Combustion, Battery-Electric, dan Hydrogen Fuel Cell.

Kompetisi bergengsi yang diadakan oleh perusahaan migas Shell ini diikuti oleh lebih dari 70 tim dari 13 negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah seperti India, Korea, Singapura, Indonesia dan lainnya. Tak luput, sang juara dunia, China dan Thailand yang selalu unggul dalam segi fabrikasi dan manufakturnya.

Tim Sapuangin ITS dengan mobil Sapuangin XI Evo 3 yang berlaga di SEM 2023 ini berhasil menaklukkan tantangan yang diberikan.

Yakni melakukan balapan tiga lap dengan total jarak 12,3 kilometer dan batas waktu 30 menit. Tim Sapuangin ITS mampu menaklukkan tantangan tersebut dengan hasil efisiensi bahan bakar sebesar 422,9 kilometer per liter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)