Kuliah Jurusan Pertanian Kerjanya Apa Saja?Jadi Dosen hingga Pengusaha

Selasa, 11 Juli 2023 - 14:05 WIB
loading...
Kuliah Jurusan Pertanian Kerjanya Apa Saja?Jadi Dosen hingga Pengusaha
Lulusan Fakultas Pertanian memiliki peluang kerja yang sama luas dibanding lulusan Jurusan Sosial. Salah satunya adalah berprofesi sebagai dosen dan pengusaha. Foto/laman IPB University.
A A A
JAKARTA - Kuliah jurusan pertanian kerjanya jadi apa ya?Apakah menjanjikan? Pertanyaan pertanyaan itu selalu muncul di benak calon mahasiswa yang akan menjatuhkan pilihannya kuliah di jurusan Pertanian.

Selain itu, memilih jurusan pertanian kadang masih dipandang sebelah mata. Padahal pertanian harusnya menjadi salah satu jurusan kuliah yang populer karena Indonesia masih tergolong Negara agraris di mana seharusnya lulusan pertanian masih banyak dibutuhkan.Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah peluang kerja lulusan Pertanian.

Ini Profesi yang Bisa Menampung Lulusan Pertanian

1. Penyuluh Bidang Pertanian

Pertanian sudah menjadi salah satu bidang yang digeluti oleh masyarakat Indonesia bahkan jauh sebelum merdeka. Hanya saja pada zaman itu tentu pengetahuannya masih terbatas. Prediksi musim hujan dan musim panas pun masih menggunakan perhitungan yang mengira-ngira sehingga bisa saja meleset.

2.Seorang Pengawas Perkebunan

Kamu bisa bekerja menjadi seorang pengawas perkebunan dan berusaha membuat semua orang di perkebunan kerja dengan benar. Saat musim menanam dan memanen kamu akan sibuk dengan para crew-mu untuk menuntaskan pekerjaan di lapangan.


3. Peneliti Pertanian

Sekitar dua dekade yang lalu, petani padi di Indonesia rata-rata hanya bisa melakukan panen dua kali setahun. Namun, sekarang para petani sudah bisa melakukan panen 3 kali setahun. Apa penyebab hal ini bisa dilakukan? Semua ini terjadi karena adanya penelitian yang dilakukan oleh para peneliti untuk bisa meningkatkan keefektifan pertumbuhan padi.

4. Menjadi Pengusaha

Semua orang bisa menjadi pengusaha. Mau apapun background pendidikannya, pengusaha adalah profesi atau status yang bisa digeluti oleh semua orang.Kamu bisa menjadi pengusaha benih, pengolahan hasil produksi pertanian atau perkebunan, wirausaha di bidang agribisnis dan lain sebagainya.



Selain itu kamu bisa menjadi distributor kebutuhan pangan, kamu juga bisa menjadi tempat jual beli hewan untuk diternak, kamu juga bisa membudidayakan tanaman maupun hewan.

5.Bekerja di Instansi Terkait di Pemerintahan

Kamu bisa menjadi PNS di Kementerian Pertanian yang bisa membuat masa depanmu cerah dengan uang pensiun dan juga tunjangan yang besar di luar gaji bulanan. Bagaimana, berminat untuk bekerja di bidang pertanian untuk instansi pertanian?

6.Menjadi Dosen

Kamu juga bisa menjadi dosen di fakultas pertanian. Dengan ilmu yang kamu miliki, adik-adikmu yang baru memulai dan kehausan akan ilmu pengetahuan bisa kamu layani.

Untuk jadi dosen S1 tentunya kamu harus mengambil program magister terlebih dahulu untuk mengasah pengetahuan dan untuk memenuhi persyaratan menjadi dosen.

7.Staf Penanaman di Perkebunan

Kamu mungkin berpikir bahwa menanam itu mudah. Memang kelihatannya mudah tapi tentunya ada prosedurnya sendiri dan tidak semua orang tahu. Maka dari itu, kamu sebagai lulusan pertanian yang lebih tahu akan cocok bekerja menjadi seorang staf penanaman di perkebunan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)