5 Kampus dengan Fakultas Peternakan Favorit di Indonesia, No 1 Raih Akreditasi Internasional

Selasa, 11 Juli 2023 - 15:37 WIB
loading...
5 Kampus dengan Fakultas Peternakan Favorit di Indonesia, No 1 Raih Akreditasi Internasional
5 kampus dengan fakultas peternakan favorit di Indonesia yang perlu diketahui calon mahasiswa. Foto/IPB University.
A A A
JAKARTA - Lima kampus dengan fakultas peternakan favorit di Indonesia layak diketahui calon mahasiswa. Kelimanya merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan salah satunya mendapat akreditasi internasional.

Sampai saat ini dunia peternakan di Indonesia memang masih jarang terjamah oleh para generasi muda. Oleh karena itu, pengembangan hewan ternak ini tentu akan memiliki prospek yang bagus di dunia kerja.

Selain mengurus hewan ternak, fakultas peternakan juga punya fokus lain seperti, mengembangkan teknologi ternak, memantau nilai gizi hewan ternak, hingga produksi yang dapat dimanfaatkan dari hewan ternak.

5 Kampus dengan Fakultas Peternakan Favorit di Indonesia

1. Universitas Diponegoro (Undip)


Undip memiliki Fakultas Peternakan dan Pertanian. Prodi peternakan terdiri dari S1 Peternakan, S2 Ilmu Peternakan, dan S3 Ilmu Peternakan. Pada 2022 lalu, prodi peternakan ini baru saja mendapat akreditasi internasional dari ASIIN.

Selain untuk prodi peternakan, ada juga dua prodi lain di Undip yang menerima akreditasi ini, yakni jurusan Agribisnis dan Teknologi Pangan.

Baca juga: Kuliah Jurusan Pertanian Kerjanya Apa Saja?Jadi Dosen hingga Pengusaha

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Dilansir dari laman resmi Unpad, Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang telah diresmikan sejak 1 September 1963 dan menaungi program sarjana, magister, dan doktor.

Fakultas Peternakan Unpad jugamemiliki beberapa fasilitas unggul, seperti Laboratorium Pemuliaan Ternak dan Biometrika, Lab Reproduksi Ternak dan Inseminasi Buatan, Lab. Produksi Ternak Unggas, Lab. Produksi Ternak Potong, dan Lab. Produksi Ternak Perah.

3. IPB University


Fakultas Peternakan IPB University menaungi prodi S1 Teknologi Produksi Ternak, S1 Nutrisi dan Teknologi Pakan, dan S1 Teknologi Hasil Ternak. Terdapat pula Pascasarjana Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, dan Pascasarjana Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan.

Baca juga: Tedi Priatna Beberkan Peluang dan Tantangan UIN SGD Bandung Menjadi PTKIN Badan Hukum

Fasilitas yang disediakan oleh Fapet IPB ini juga terbilang mumpuni dengan gedung perkuliahan, laboratorium praktek dan kantor yang luasnya 3,2 hektare, ditambah laboratorium lapangan yang berada di kampus pelabuhan yang luasnya 10 hektare, dan Jonggol selebar 169 hektare.

4. Universitas Hasanuddin (Unhas)


Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin didirikan pada 1 Mei 1964. Awalnya fakultas ini bernama Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan, sampai pada 1982 Fakultas Peternakan Unhas resmi berdiri dengan sendiri.

Fakultas ini menyediakan prodi S1 Peternakan, S2 Ilmu dan Teknologi Peternakan, dan S3 Ilmu Peternakan. Banyak hal yang dapat dipelajari dalam prodi ini, mulai dari Mikrobiologi Hewan, Ilmu Lingkungan Ternak, Ilmu Kesehatan Ternak, dan lain-lain.

5. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)


Terakhir ada Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman yang berdiri sejak 3 Desember 1965. Fakultas ini menaungi jurusan D3 Budi Daya Ternak, S1 Peternakan, S2 Peternakan, dan S3 Peternakan.

Fakultas ini berfokus pada pengembangan sumberdaya peternakan dan kearifan lokal secara berkelanjutan, melalui penguasaan sains produksi, nutrisi dan pakan, sosial ekonomi serta teknologi peternakan.

Demikian 5 kampus dengan Fakultas Peternakan favorit di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)