Kampus di Indonesia yang Punya Jurusan Perpajakan,Jenjang S1 Hanya Ada Dua

Jum'at, 14 Juli 2023 - 13:49 WIB
loading...
Kampus di Indonesia yang Punya Jurusan Perpajakan,Jenjang S1 Hanya Ada Dua
Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu kampus yang membuka jurusan perpajakan jenjang S1 selain Universitas Brawijaya Malang. Foto/Dok Humas UI
A A A
JAKARTA - Ini jurusan perpajakan kampus di Indonesia. Jurusan perpajakan menjadi salah satu jurusan perkuliahan yang diminati oleh calon mahasiswa. Sayangnya mayoritas di Indonesia, kuliah pajak terdapat pada jenjang diploma. Misalnya, PKN STAN (D1 dan D3), Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia (D4), Universitas Diponegoro (D3) dan masih banyak lagi.

Sudah bukan rahasia lagi apabila lulusan Jurusan Perpajakan memiliki prospek kerja cukup menjanjikan.Dirangkum dari berbagai sumber, berikut universitas di Indonesia baik negeri maupun swasta yang memiliki jurusan Perpajakan baik jenjang S1 maupun Diploma.

Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia yang Memiliki Jurusan Perpajakan

Universitas dengan Jurusan Perpajakan Jenjang S1

1. Universitas Indonesia

Istilah jurusan perpajakan di Universitas Indonesia lebih dikenal dengan Ilmu Administrasi Fiskal. Jurusan ini masuk dalam Fakultas Ilmu Administrasi, kehadirannya telah ada sejak 1981. Perlu diketahui, nama jurusan tersebut sama dengan nama program studinya.

Fakultas Ilmu Administrasi di Universitas Indonesia ini tergolong baru, yaitu didirikan pada 2015. Sebelum berdiri sebagai fakultas, Departemen Ilmu Administrasi berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Jurusan dengan akreditasi A ini berfokus pada kajian tata kelola (governance) fiskal dan pengembangan studi administrasi perpajakan yang tidak terpisahkan dari lingkungan sosialnya. Dengan kata lain, jurusan perpajakan di universitas berjas kuning ini fokus pada kajian atau kebijakan pemerintah.

2. Universitas Brawijaya

Di Universitas Brawijaya, jurusan perpajakan bukan merupakan jurusan. Akan tetapi program studi. Program studi perpajakan di bawah jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi.



Program studi ini tergolong baru, karena baru ada pada 2010. Akan tetapi, akreditasinya sudah A. Jurusan ini berfokus pada penguasaan konsep teroritis dan keterampilan teknis dalam bidang perpajakan yang ditunjang oleh softskill, integritas moral, sikap, dan etika profesional, baik di sektor publik maupun di sektor privat.

Bisa dikatakan, fokus program studi perpajakan di Universitas Brawijaya yaitu di sektor bisnis, karena berada di bawah naungan jurusan Ilmu Administrasi Bisnis. Tetap saja, tidak membatasi, para lulusan bisa bekerja di sektor lainnya.

Kampus Swasta dengan Jurusan Perpajakan

1.Universitas Katolik Soegijapranata (UNIKA Soegijapranata)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3346 seconds (0.1#10.140)