Sosialisasi Strategi Manajemen Invensi Hasil Riset Kampus Perlu Ditingkatkan

Kamis, 20 Juli 2023 - 10:30 WIB
loading...
A A A
"Perguruan tinggi ini "kesulitan" untuk mencari mitra yang sesuai dengan teknologi atau invensi yang dihasilkannya itu. Dari sana kita mencoba membantu," ungkapnya.

"Kami kerja sama untuk memvaluasi harta karun mereka. Saya menyebutnya harta karun karena semuanya bernilai ekonomis, baik kecil atau sedang ," lanjutnya.

Pihaknya melakukan valuasi teknologi tersebut dan setelah itu mencoba memfasilitasi memasarkan teknologi itu kepada pihak industri yang berminat ataupun dengan industri yang core bisnisnya sama dengan invensi yang ditawarkan inventor.

"Dengan demikian nanti bisa kerja sama saling menguntungkan dari pihak perguruan tinggi dengan industri sehingga bisa membangkitkan nilai ekonomi," terangnya.

AII telah berhasil mengkomersialisasikan invensi ke mitra industri dalam bentuk LOI atau NDA hingga Juli 2023 di sejumlah perguruan tinggi. Misalnya inventor dari Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, juga IPB University.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)