Ini Jurusan Kuliah IPS Jarang Diminati Tapi Punya Prospek Kerja Menjanjikan Bagi Lulusannya

Jum'at, 21 Juli 2023 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Para lulusannya akan sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi pustakawan di perpustakaan, bekerja di kantor swasta maupun negeri. Perguruan Tinggi ternama yang memiliki jurusan ini di antaranya, UI, Universitas Brawijaya, Undip, dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

5. Manajemen Transportasi


Jurusan yang mempelajari tentang perencanaan, pengoperasian, hingga pemeliharaan berbagai jenis transportasi ini memiliki prospek yang bagus untuk bekerja sebagai manajer transportasi udara, laut, ataupun darat.

Selain itu, alumni manajemen transportasi juga dapat bekerja di biro travel, perencanaan transportasi, hingga konsultan transportasi. Beberapa universitas yang memiliki prodi ini di antaranya, Universitas Negeri Jakarta, Institut Transportasi & Logistik Trisakti, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

6. Filsafat


Prodi yang mempelajari tentang permasalahan mendasar manusia dan hubungannya dengan realita ini punya peluang besar untuk diterima sebagai dosen filsafat nantinya. Selain itu, dapat juga bekerja menjadi pengamat politik, psikoterapis, dan jurnalis.

UI, Unpad, UGM, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung menjadi beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang telah menyediakan jurusan Filsafat.

Baca juga: 20 Contoh Teks Negosiasi Lengkap dengan Struktur

7. Ilmu Administrasi Fiskal


Program studi ini banyak mempelajari perpajakan dari segala macam perspektif, dari sisi hukum, ekonomi, dan akuntansi. Selain bisa menjadi pegawai pajak, lulusan administrasi fiskal juga dapat menjadi pegawai bea cukai.

Beberapa perguruan tinggi yang telah menerapkan jurusan ini adalah, Universitas Indonesia, Universitas Kristen Indonesia, dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

8. Aktuaria


Jurusan yang masih terbilang asing ini mempelajari tentang ilmu probabilitas, matematika, statistik dan keuangan untuk dapat melakukan pengelolaan risiko dan ketidakpastian. Prospek yang ditawarkan sendiri cukup beragam, seperti aktuaris, akuntan, manajer investasi, hingga Surveyor Risiko Asuransi.

Beberapa Universitas yang memiliki Jurusan Aktuaria adalah, UI, IPB, ITB, Unpad, UGM, UB, hingga ITS.

10. Sosiologi


Jurusan ini mempelajari bagaimana struktur dan karakter masyarakat, problematika yang sedang dialami oleh masyarakat, fenomena sosial, dan lainnya. Setelah lulus, para alumni sosiologi bisa bekerja sebagai peneliti survei, pegawai LSM, konsultan, dan dosen.

Telah banyak universitas yang membuka jurusan ini sebagai salah satu prodinya, misalnya saja seperti UNS, UB, Universitas Jenderal Soedirman, UI, Unair, hingga Universitas Sriwijaya.

Itulah tadi 10 jurusan IPS jarang peminat namun memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)