5 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Tinggi, Berapa Kisaran Gajinya?

Minggu, 23 Juli 2023 - 09:37 WIB
loading...
A A A
Di industri minyak dan gas, gaji Jurusan Teknik Kimia diperkirakan berkisar antara Rp8-Rp30 juta rupiah per bulan. Sementara di industri farmasi dan kimia diperkirakan sekitar Rp5-6 juta hingga Rp18-Rp20 juta rupiah per bulan.

3. Teknik Informatika/Ilmu Komputer


Kedua jurusan ini memiliki perbedaan kurikulum dan juga fokus perkuliahan yang tidak sama persis. Namun persamaan kedua jurusan ini adalah meluluskan alumni jurusan teknik yang paling banyak diburu dunia usaha dan dunia industri.

Prospek kerja Jurusan Teknik Informatika biasanya adalah sebagai pengembang perangkat lunak, insinyur perangkat lunak, administrator jaringan, atau analis sistem.

Baca juga: Kuliah Kedokteran Mahal, Berapa Jumlah Dokter di Indonesia? Ini Sebarannya

Sementara Lulusan Ilmu Komputer sering bekerja sebagai peneliti, ilmuwan data, ahli kecerdasan buatan, atau pengembang algoritma.

Fresh graduates Teknik Informatika maupun Ilmu Komputer itu berpeluang mendapatkan penghasilan antara Rp4-8 juta rupiah per bulan.

4. Teknik Elektro


Teknik Elektro tidak bisa dikesampingkan pada daftar jurusan teknik yang paling mudah mendapat pekerjaan. Pada umumnya perkuliahan Teknik Elektro dirancang untuk memberikan landasan yang kuat mengenai prinsip, teori, maupun aplikasi bidang kelistrikan, elektronika, dan komunikasi.

Mahasiswa Teknik Elektro akrab dengan praktikum di laboratorium, mengerjakan proyek-proyek, dan melakukan penelitian untuk mengembangkan keterampilan praktis dalam merancang, membangun, dan menguji perangkat dan sistem elektronik.

Ilmu dan keterampilan yang dipelajari selama kuliah kemudian akan diterapkan dalam berbagai industri, seperti energi, telekomunikasi, manufaktur, maupun teknologi informasi.

Dengan pengalaman kerja sekitar tiga sampai lima tahun, diperkirakan kisaran gaji Jurusan Teknik Elektro mencapai Rp8-15 Juta per bulan.

5. Teknik Mesin


Teknik Mesin juga dikenal sebagai jurusan teknik yang menjanjikan. Perkuliahan Teknik Mesin pada dasarnya memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang, menganalisis, dan mengembangkan mesin, perangkat mekanik, maupun sistem yang akan digunakan dalam berbagai industri seperti manufaktur, otomotif, energi, dan teknologi.

Lulusan Teknik Mesin dibutuhkan di industri manufaktur, otomotif, energi, maupun sektor teknologi dan terlibat dalam desain, produksi, pemeliharaan, serta pengembangan mesin dan sistem mekanik.

Besaran gaji untuk fresh graduate kurang lebih sama dengan jurusan teknik sebelumnya namun angkanya bisa terus bertambah seiring dengan tanggung jawab yang berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)