17 Istilah Kuliah Kampus Luar Negeri, Persiapan Penting Studi ke Mancanegara

Rabu, 09 Agustus 2023 - 13:25 WIB
loading...
17 Istilah Kuliah Kampus Luar Negeri, Persiapan Penting Studi ke Mancanegara
Ada banyak istilah kuliah kampus di luar negeri yang sebaiknya dimengerti oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke mancanegara. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kuliah di luar negeri bisa menjadi cita-cita sebagian besar mahasiswa Indonesia. Tetapi sebelum kamu melanjutkan studi di luar negeri, setidaknya kamu harus mengetahui dan bisa memahami berbagai istilah kuliah di l uar negeri Terlebih untuk studi ke mancanegara tentu persiapannya tak sama dengan kuliah di negara sendiri.

Kamu nantinya akan banyak menemukan istilah berbahasa Inggris yang jika kamu cari terjemahannya pun belum tentu kamu paham. Karena itu sejak dini setidaknya kita perlu mengetahui apa saja istilah dunia perkuliahan di luar negeri. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 17 istilah yang ada di perkuliahan kampus luar negeri.

17 Istilah Kuliah Kampus Luar Negeri yang Wajib Kamu Ketahui

1.Letter of Acceptance (LoA)


Surat satu ini bukan surat sembarangan, tetapi surat yang di terbitkan dari kampus sebagai tanda kalau kamu sudah resmi diterima untuk berkuliah di sana. Letter Of Acceptance (LoA) sendiri ada dua macam, LoA Conditional dimana kamu akan di terima di kampus tersebut setelah memenuhi semua persyaratan yang tertera. Di sisi lain LoA Unconditional di berikan kalau kamu sudah di terima setelah memenuhi semua syarat yang di butuhkan.

2.Scholarship dan Fellowship


Scholarship merupakan beasiswa atau pendanaan finansial yang di sediakan oleh lembaga swasta atau negara. Selain scholarship juga ada fellowship yang fokusnya untuk jenjang pascasarjana dalam pengembangan kemampuan profesional.

3.Intake


Intake merupakan sebutan jadwal masuk kuliah di luar negeri. Beda universitas memiliki Intake yang berbeda-beda. Ada yang di awal tahun atau di akhir tahun, jadi kamu harus perhatikan dengan benar, ya!

4.Off Campus Housing


Tempat tinggal student yang berada di luar lingkungan kampus selama berkuliah di luar negeri.

5.On Campus Housing


Tempat tinggal mahasiswa yang di terletak dalam lingkungan atau kompleks kampus selama studi.

6.Hall Of Residence


Asrama yang di sediakan pihak universitas, biasanya dekat dengan gedung perkuliahan, namun beberapa ada yang agak jauh.

7.Sophomore


Tahun kedua program sarjana

8.Prerequisites


Mata kuliah yang harus di ambil mahasiswa sebelum mengambil matkul dengan tingkat lebih tinggi.


9.Entitlement Aid


Dana finansial yang diberikan oleh calon mahasiswa dengan kondisi tertentu, contohnya jika siswa dari kalangan tidak mampu.

10.Residential College


Salah satu bentuk akomodasi yang mirip dengan asrama, biasanya letak kamar dan fasilitas dari kampus ada di lokasi yang sama.

11.Independent Housing


Akomodasi yang mahasiswa cari sendiri di luar dari pihak universitas maupun penyelenggara pendidikan.

12.Course Load


Jumlah batas mata kuliah yang bisa mahasiswa ambil dalam batas waktu tertentu

13.Co-Curicullar


Ekstrakulikuler atau kegiatan di luar bidang studi yang bisa di ambil.

14.Full Load


Jumlah minimum mata kuliah atau SKS yang harus mahasiswa ambil untuk memenuhi syarat tertentu seperti beasiswa.

15.Full Time Status


Status mahasiswa jurusan yang sudah Full-Load

16.Curricular Practical Training


Kesempatan yang di berikan pihak kampus untuk mahasiswa dapat bekerja atau magang dengan tujuan mendapatkan pengalaman nyata bekerja dari bidang ilmu yang sesuai maupun tidak. Program magang ini biasanyaa di berikan selama 6-12 Bulan.

17.Optional Practical Training


Program magang tidak wajib yang pihak kampus berikan bagi mahasiswa yang ingin magang sesuai bidang studi. Biasanya program training ini berjalan selama 18 Bulan untuk bidang sains dan sejenisnya dan 12 bulan untuk bidang lainnya.


Istilah Dalam Beasiswa Luar Negeri

1.Tuition Fee dan Tuition Waiver


Tuition fee merupakan biaya kuliah yang wajib kamu bayat selama periode studi, sedangkan Tuition waiver adalah pembebasan uang atau biaya kuliah dari penyedia beasiswa atau pihak kampus.

2.Fully Funded Scholarship


Ini nih jenis beasiswa yang paling banyak yang incar, yaitu Fully Funded Scholarship. Beasiswa jenis ini meng-cover semua biaya selama kuliah di luar negeri, mulai dari tiket keberangkatan, biaya kuliah, akomodasi, uang jajan sampai biaya penelitian!

3.Partially Funded Scholarship

Seperti namanya, Partially Funded Scholarship ini merupakan beasiswa yang hanya menanggung sebagian komponen biaya selama kuliah. Misalnya hanya meng-cover biaya pendidikannya saja, sedangkan akomodasi, tiket dan lainnya siswa tanggung sendiri.

4.Visa Pelajar (Student Visa)


Visa Pelajar (Student Visa) adalah dokumen penting sebagai syarat izin untuk belajar yang dikeluarkan oleh negara luar tujuan kamu. Setiap negara punya kebijakan pembuatan visanya masing-masing mulai dari persyaratan pembuatan visa tersebut, dokumen pendukung dan sebagainya.

5.CoE (Confirmation of Enrollment)


Confirmation Of Enrollment (CoE) adalah bukti konfirmasi bahwa kamu sudah membayar biaya kuliah dan akan melaksanakan studi di kampus tersebut. Untuk mendapatkan dokumen ini kamu harus membayar biaya studi selama satu tahun atau dua semester, tergantung kebijakan masing-masing universitas. Dokumen ini adalah salah satu syarat yang kamu butuhkan agar bisa membuat visa pelajar.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)