5 Istilah Kuliah di Kampus Luar Negeri, Calon Mahasiswa Internasional Wajib Tahu

Kamis, 03 Agustus 2023 - 18:30 WIB
loading...
5 Istilah Kuliah di Kampus Luar Negeri, Calon Mahasiswa Internasional Wajib Tahu
Kamu yang berniat melanjutkan studi ke luar negeri wajib mengetahui sejumlah istilah di perkuliahan universitas luar negeri biar nantinya tidak bingung.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah istilah kuliah ini wajib kamu ketahui jika ingin studi ke universitas luar negeri.Melanjutkan studi di luar negeri, tentu persiapannya tak sama dengan kuliah di negara sendiri. Kebanyakan istilahnya berbahasa Inggris. Tetapi jika kamu cari terjemahannya pun belum tentu kamu paham. Dirangkum dari berbagai sumber, ini ulasan 5 istilah kuliah di kampus luar negeri yang perlu kamu ketahui

Istilah dalam Perkuliahan di Universitas Luar Negeri

1.Pathway


Pathway merupakan program untuk mahasiswa internasional yang memiliki gap kurikulum pendidikan di negara setempat dengan kurikulum yang berlaku secara internasional. Biasanya lewat program ini, kamu bisa langsung transfer ke universitas tujuan tanpa harus mengulang dari tahun pertama.

2.Foundation


Jika kamu sudah memutuskan mau masuk universitas tujuan, biasanya beberapa universitas memiliki program foundation. Program ini ditujukan untuk mempersiapkan siswanya untuk memenuhi persyaratan akademis dan bahasa Inggris dari universitas. .

3.Undergraduate


Program Undergraduate ini sama dengan level S1 di Indonesia. Saat lulus, kamu akan mendapatkan gelar Bachelor. Di luar negeri durasi program ini mulai dari 3-4 tahun.

4.Postgraduate


Seperti namanya, program ini khusus untuk kamu yang sudah lulus S1 atau undergraduate. Di beberapa negara program ini di bagi menjadi dua yakni Postgraduate Coursework dan Postgraduate Research.



Untuk metode perkuliahan Postgraduate Coursework mirip dengan metode undergraduate, dan mahasiswa diminta untuk menyusun minor thesis. Sedangkan postgraduate research mengharuskan mahasiswanya melakukan riset mandiri.

5.Certification


Jika kamu ingin mendapatkan sertifikat yang menandakan kamu ahli dibidang tertentu, maka kamu bisa mengambil program Certificate. Program ini setara dengan SMA atau SMK. Di USA, program ini bisa di tempuh dengan mengikuti perkuliahan selama 1 tahun setelah SMA.

Istilah Gelar Kampus Luar Negeri

1.Degree dan Double Degree


Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, degree adalah gelar yang didapatkan setelah menempuh suatu program. Double Degree sendiri merupakan dua gelar saat kamu berhasil kuliah di dua program studi sekaligus. Nantinya kamu bisa mendapatkan dua gelar berbeda sesuai dengan jurusan dan program studi yang kamu selesaikan.

2.Associate Degree


Saat kamu mengambil program diploma di universitas luar negeri, maka kamu akan mendapatkan gelar Associate Degree. Di Inggris gelar ini disebut Foundation Degree.

3.Bachelor


Bisa dibilang gelar ini sama dengan gelar Sarjana di Indonesia. Untuk mendapatkan gelar ini kamu harus menyelesaikan program Undergraduate dengan durasi 3-4 tahun.

4.Master Degree


Lulus dari program postgraduate atau yang setara dengan S-2, kamu akan mendapatkan Master Degree. Dengan menyandang gelar ini, tentunya kamu sudah memiliki keahlian setara dengan profesional. Kamu akan diberikan gelar Msc setelah lulus dari program ini.

5.Doctoral Degree


Sama seperti di Indonesia, Doctoral Degree atau Doctorate ini di dapatkan setelah kamu menyelesaikan program postgraduate setara dengan S-2. Program ini biasanya sambil bekerja sebagai peneliti khususnya untuk kamu yang ingin menjadi pekerja profesional setelah menamatkan program ini.


6.Terminal Degree


Terminal Degree adalah gelar akademik tertinggi yang hanya di berikan pada bidang studi tertentu. Salah satu contohnya adalah Doctor of Philosophy degree atau Ph.D.

7. Joint Degree


Joint Degree adalah program akademik hasil kerjasama antar 2 universitas yang saat nanti lulus akan memberikan satu gelar pada program studi dan jenjang yang sama.

8.Profesional Degree


Profesional Degree adalah gelar akamedik yang dianugerahkan kepada seorang lulusan pendidikan profesi dari bidang studi tertentu dari sebuah universitas.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)