Jurusan Kuliah untuk yang Tak Suka Matematika dan Bahasa Inggris, Apa Saja?

Minggu, 13 Agustus 2023 - 10:42 WIB
loading...
A A A
Mata kuliah yang ditawarkan di Jurusan Sejarah antara satu kampus dengan kampus lainnya bisa berbeda. Namun, secara umum kamu akan mempelajari sejarah dunia dan sejarah Indonesia, retorika sejarah, kebudayaan, dan mata kuliah lain yang menunjang.
Ingin bebas dari mata kuliah matematika?

Jurusan Ilmu Sejarah bisa menjadi solusi. Untuk mata kuliah Bahasa Inggris masih bisa kamu temukan di beberapa universitas meskipun hanya diajarkan di satu semester saja. Jadi, kamu tidak akan bingung jika menemukan istilah berbahasa Inggris ketika dihadapkan dengan bacaan sejarah.

Jurusan Ilmu Sejarah memang menjadi salah satu jurusan yang kurang diminati. Padahal, setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi pengajar, peneliti, sejarawan, dan menekuni profesi lain yang masih erat kaitannya dengan sejarah.

5. Jurusan Pendidikan Olahraga


Jurusan Pendidikan Olahraga sangat cocok untuk kamu yang senang bergerak dan melakukan aktivitas fisik. Kamu akan diajarkan berbagai teori cabang olahraga dan praktiknya di lapangan serta dasar-dasar pendidikan sebelum terjun di sekolah.



Selain mata kuliah di atas, belajar tentang gizi, fisiologi tubuh, anatomi tubuh, dan kinesiologi juga akan kamu lakukan. Pada jurusan ini, tidak ada mata kuliah matematika. Namun, masih ada kampus yang mewajibkan mahasiswanya mengambil mata kuliah bahasa Inggris, terutama di semester pertama.

Setelah menyelesaikan studi di Jurusan Pendidikan Olahraga, kariermu sebagai pendidik akan terbuka lebar. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bekerja sebagai instruktur kebugaran, pelatih olahraga, dan menjalani profesi lainnya yang masih berkaitan dengan bidang tersebut.

6. Jurusan Seni Rupa


Gemar membuat karya seni dua atau tiga dimensi? Jurusan Seni Rupa pastinya akan cocok untuk kamu. Selama kuliah, kamu akan diajarkan cara membuat suatu karya seni hingga melakukan pengkajian karya tersebut.

Selain bisa menghasilkan karya secara nyata, kamu juga akan diajarkan teori yang melatarbelakangi kemunculan karya-karya tersebut. Perlu kamu ketahui bahwa kuliah di Jurusan Seni Rupa membutuhkan banyak energi. Sebab, kamu akan menghabiskan banyak waktu melakukan kegiatan praktik studio ditambah dengan tugas lain di luar jam perkuliahan.

Apakah mata kuliah matematika akan diajarkan di Jurusan Seni Rupa? Ternyata tidak. Namun, mata kuliah bahasa Inggris mungkin saja akan diajarkan di beberapa kampus dan menjadi mata kuliah yang wajib diambil. Sebab, terdapat istilah-istilah dalam bahasa asing yang wajib dikuasai agar perkuliahan bisa berjalan lancar.

7. Jurusan Sosiologi


Masih ada jurusan yang bisa kamu jadikan pertimbangan jika tidak ingin menempuh mata kuliah matematika dan bahasa Inggris, yaitu Jurusan Sosiologi. Kamu akan belajar tentang penelitian sosial, tipologi sosial, statistik sosial, sosiologi pedesaan, sosiologi hukum, sosiologi pendidikan, dan mata kuliah lain yang masih berkaitan erat dengan sosiologi.Setelah lulus dari Jurusan Sosiologi, kamu bisa berkarier sebagai sosiolog. Selain itu, pekerjaan sebagai jurnalis, aktivis, peneliti, hingga dosen juga bisa kamu jalani.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2263 seconds (0.1#10.140)