Berminat Kuliah Online? Segini Estimasi Biayanya

Senin, 14 Agustus 2023 - 11:32 WIB
loading...
Berminat Kuliah Online? Segini Estimasi Biayanya
Salah satu keuntungan kuliah online adalah faktor biaya dan juga kepraktisan sistem perkuliahannya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perkiraan biaya kuliah online di Indonesia. Akhir-akhir ini dunia perguruan tinggi diramaikan dengan keberadaan kuliah online. Program kuliah online dirasa cukup menarik dan sedang banyak dicari oleh masyarakat, terutama oleh para pekerja kantoran.

Kuliah dengan sistem online ini dinilai sangat efektif bagi mereka yang sudah memiliki karier. Dengan mengikuti kuliah online, maka sangat membantu para pekerja untuk melanjutkan pendidikan lanjut dan tentunya sangat efektif sesuai dengan waktu kerja mereka.

Selain praktis, faktor biaya juga jadi salah satu factor yang membuat kuliah online menarik banyak minat calon mahasiswa. Dirangkum dari berbagai sumber, ini perkiraan biaya kuliah online sejumlah kampus di Indonesia.

Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan saat Kuliah Online?

1. Hanya Butuh Biaya Internet


Karena diakses melalui layar monitor dan kelas, tentunya kelas pada kuliah online ini hanya mengandalkan dua peralatan ini. Mahasiswanya pun akan melakukan seluruh kegiatan yang ada di dalam kelas melalui virtual.

Mulai dari penyampaian materi hingga diskusi akan dilakukan melalui dunia maya. Sehingga bisa dipastikan, biaya yang dikeluarkan pun tidak sebanyak seperti kuliah konvensional pada umumnya. Bisa dipastikan mahasiswa akan mengeluarkan uang sebesar Rp100-Rp500.000 per-bulan

2. Pembayaran Dihitung Tiap Mata Kuliah


Dalam kuliah online, tentunya tiap-tiap perguruan tinggi penyelenggara memiliki standar masing-masing dalam biaya per-semesternya. Seperti halnya di Bina Nusantara, hitungan pembayaran uang kuliah dapat dihitung dalam jumlah mata kuliah yang diampu oleh mahasiswa.



Kisaran biaya per mata kuliah adalah sebesar Rp1.250.000. Jadi ketika mahasiswa tersebut mengambil 6 mata kuliah dalam satu semester, maka biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp7.500.000.

3. Biaya Skripsi dan Uang Pangkal


Seperti halnya perguruan tinggi lain, saat mengikuti perkuliahan online mahasiswa juga diberi tanggungan untuk membayar uang pangkal pada perguruan tinggi tersebut. Bisa diperkirakan bahwa biaya yang dikeluarkan sebesar Rp4-Rp7 juta.Tidak hanya itu biaya yang dikeluarkan pada saat penulisan skripsi pun juga akan dihitung. Mahasiswa akan dikenai biaya sebesar Rp2-3 juta.

Keuntungan Kuliah Online

1. Dapat Diakses di Manapun dan Kapanpun


Seperti bahasan pada sebelumnya, kuliah online hanya menggunakan seperangkat teknologi modern tanpa mengharuskan mahasiswanya datang di kelas. Kuliah online pun dapat diakses dimana pun dan kapanpun oleh mahasiswanya. Sehingga mahasiswa tidak diharuskan datang di kampus. Nah, bisa dipastikan pasti akan memangkas biaya transport yang biasa kamu keluarkan.

2. Materi Bisa Diulang-ulang


Dalam penyampaian materi oleh dosen, mahasiswa bisa mengakses secara berulang kali mengenai mata kuliah yang sudah disampaikan dosen. Sehingga mahasiswa bisa dipastikan akan lebih kreatif dan fokus dalam mendalami materi perkuliahan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)