UNP Bersiap Buka Prodi S1 Kedokteran Hewan

Selasa, 15 Agustus 2023 - 09:14 WIB
loading...
UNP Bersiap Buka Prodi S1 Kedokteran Hewan
Universitas Negeri Padang (UNP) akan membuka prodi S1 Kedokteran Hewan. Foto/UNP.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Padang (UNP) tengah bersiap untuk membuka program studi (prodi) S1 Kedokteran Hewan . Dalam tahapannya UNP akan berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya IPB University.

Wakil Rektor UNP Prof Syahril mengatakan, pihaknya akan bergerak cepat dalam mewujudkan prodi kedokteran hewan di kampus negeri yang saat ini dipimpin oleh Rektor Prof Ganefri ini.

Baca juga: Biaya Ospek Universitas Brawijaya Mahal, Ini Penjelasan Pihak Kampus

"Kita akan berkoordinasi dan berkolaborasi sepenuhnya dengan IPB University serta PDHI Sumbar, mulai dari penyusunan naskah akademik, kurikulum sampai pembelajaran, sehingga prodi ini memiliki kekhasan dari prodi kedokteran hewan yang lain," katanya, dikutip dari laman IPB University, Selasa (15/8/2023).

Hal ini dia kemukakan saat FGD bersama dengan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University dalam rangka rencana pembentukan program studi (prodi) S1 kedokteran hewan di UNP.

Baca juga: Kuliah Kedokteran di Luar Negeri Berapa Lama? 4 Tahun, 5 Tahun Atau Lebih?

Kadis Peternakan Sumatra Barat (Sumbar) Sukarli dalam sambutannya mengatakan, "Sumbar sangat butuh dokter hewan, karena itu kita akan selalu memberikan dukungan untuk pembukaan prodi kedokteran hewan ini di UNP," ungkap Sukarli.

Dekan SKHB IPB University Prof Amrozi menyambut baik niat UNP untuk mendirikan jurusan kuliah Kedokteran Hewan. Didukung dengan tingginya potensi calon mahasiswa dari Pulau Sumatra sendiri.

"Sumatra Barat memiliki potensi calon mahasiswa yang besar dengan minat menjadi dokter hewan yang tinggi dari wilayah Sumatra," terang Prof Amrozi.

Selain itu juga dilengkapi dengan berbagai faktor pendukung seperti tempat magang mahasiswa PPDH, rumah sakit hewan, industri peternakan, dan sumber daya manusia (SDM) semua tersedia di Sumatra Barat.

Selama FGD, Dr Esthi dan Dr Sri masing-masing memaparkan kurikulum dan pembelajaran di Prodi SKH dan PPDH SKHB IPB University. Diskusi yang lebih mendalam dilaksanakan selama dua hari antara Tim Task Force UNP dan Tim IPB University.

Salah satu usulan dalam FGD ini adalah menjadikan zoonosis dan keamanan pangan sebagai penciri Prodi Kedokteran Hewan UNP.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)