Perbedaan Sistem Pendidikan Indonesia Vs Jepang, Bagaimana Sistem Kelulusannya?

Selasa, 15 Agustus 2023 - 12:02 WIB
loading...
Perbedaan Sistem Pendidikan Indonesia Vs Jepang, Bagaimana Sistem Kelulusannya?
4 perbedaan sistem pendidikan yang berlaku di Indonesia dengan di Jepang. Foto/Reuters.
A A A
JAKARTA - Bicara mengenai negara dengan sistem pendidikan terbaik, Jepang tak luput dari perbincangan. Negara ini memiliki sistem pendidikan yang sangat baik, sehingga mampu mencetak sumber daya manusia berkualitas tinggi.

Diketahui, sumber daya manusia di Jepang terdepan di bidang matematika dan sains.

Pemerintah Jepang berupaya semaksimal mungkin untuk mampu menyediakan pendidikan yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat dari berbagai golongan.

Jika dibandingkan dengan Indonesia, ada beberapa perbedaan sistem pendidikan Jepang yang menarik untuk dibahas. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Baca juga: Riwayat Pendidikan Anies Baswedan, Pernah Jadi Rektor Termuda di Usia 38 Tahun

Perbedaan Sistem Pendidikan Indonesia Vs Jepang

1. Lama Sekolah


Dilihat dari lamanya waktu sekolah, Jepang dan Indonesia menerapkan sistem yang hampir sama. Masa SD di Jepang adalah 6 tahun. Selanjutnya, SMP dan SMA masing-masing 3 tahun, serta masa kuliah atau perguruan tinggi selama 4 tahun.

Melansir Jurnal Exponential bertajuk ‘Perbandingan Sistem Pendidikan Indonesia dan Sistem Pendidikan Jepang: Memajukan Pendidikan Bangsa’ karya Dwi Hanggoro, hal yang membedakan adalah usia masuk SD bagi siswa.

Di Indonesia, pendidikan dasar hingga menengah dimulai ketika anak berusia 7 sampai 16 tahun. Sementara, pemerintah Jepang menerapkan aturan bahwa usia sekolah adalah 6 hingga 15 tahun.

Dalam mengimplementasikan sistem pembelajaran, sekolah-sekolah di Jepang lebih banyak menggunakan peer learning atau LS (Lesson Study) dengan bantuan tutor sebaya. Lain halnya dengan di Indonesia, yang menggunakan metode saintifik yakni mencoba, mengasosiasi, mengamati, dan bertanya.

Jam belajar siswa di Jepang rupanya juga lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia. Rata-rata waktu belajar di Jepang adalah 30 jam per minggu untuk setiap jenjang pendidikan. Di Indonesia, rata-rata jam belajar untuk siswa SD adalah 36 jam per minggu, SMP selama 38 jam per minggu, dan SMA adalah 44 jam per minggu.

2. Pelajaran


Perbedaan lamanya waktu rata-rata belajar di Jepang dan Indonesia terjadi karena kepadatan mata pelajaran yang diberikan. Masih berpandu pada data yang ada di jurnal tersebut, ada 7 mata pelajaran yang diajarkan ke siswa SD, berkembang menjadi 10 mata pelajaran di SMP, dan lebih dari 11 mata pelajaran untuk siswa SMA.

Di Jepang, setiap sekolah cenderung diberi kebebasan untuk meramu sendiri kurikulum mata pelajaran yang ingin diberikan. Sementara itu, mata pelajaran yang ada berbasis pada standar nasional, seperti bahasa Jepang, sejarah, matematika, keterampilan, dan olahraga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0748 seconds (0.1#10.140)