Sajian Orkestra Berkelas SMK TI Muhammadiyah Cikampek Meriahkan HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 13:32 WIB
loading...
A A A
Novia Situmeang pun mengungkapkan apresiasi kepada guru pembimbing ekstrakurikuler tersebut karena sudah mengajarkan musik dari nol kepada siswa. Sebagai lulusan SMK Jurusan Musik, Novia Situmeang memberikan pesan kepada SMK TI Muhammadiyah agar tetap mengembangkan potensi siswa-siswi di bidang musik sehingga bisa lebih matang.

Pagi Pegang Obeng, Sore Pegang Violin, dan Angklung


Sebagai guru pembimbing ekstrakurikuler, Akbar memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus mengembangkan life skills-nya, salah satunya adalah melalui musik. Tanpa mengesampingkan akademik, SMK TI Muhammadiyah Cikampek mengajak anak-anak berekspresi dengan musik sejak 2018.

“Life skills di bidang musik sangat berguna ketika masih sekolah maupun nanti setelah lulus. Di zaman sekarang, seseorang harus memiliki keterampilan yang lebih. Maka dari itu orkestra ini adalah cita-cita saya dan kepala SMK TI Muhammadiyah untuk menghadirkan generasi yang unggul dan kompeten,” ungkap Akbar.

Kepala SMK TI Muhammadiyah, Dede Setiabudi, menyampaikan bahwa ekstrakulikuler ini pun menjadi salah satu bentuk implementasi Kurikulum Merdeka.

Baca juga: 29 Siswa SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di AYIMUN Malaysia

“Kami ingin mengembangkan minat dan bakat siswa-siswi, tidak hanya di dalam ruang kelas, tapi juga di luar ruang kelas melalui ekstrakurikuler,” tegas Dede.

Imelsa Almanda sebagai siswa kelas XII Jurusan Teknik Mesin mengungkapkan, MUTU Orchestra sudah menjadi rumah keduanya untuk belajar dan memperdalami ilmu di bidang musik.

“Di awal masuk orkestra saya mencoba berbagai macam alat musik, mulai dari violin dan piano. Hingga akhirnya saya menjatuhkan hati di angklung,” ungkap Imelsa.

Menurut Imelsa, ia sangat senang bisa memainkan angklung sesuai aransemen dan menjadi bagian dari MUTU Orchestra, terlebih dapat berkesempatan tampil di Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek.

“Saya selalu semangat latihan orkestra apalagi ketika saya dikasih tahu bahwa saya ikut tampil di Kemendikbudristek dan berkolaborasi dengan Novia Bachmid dan Novia Situmeang. Tentunya suatu kebanggan tersendiri bagi saya,” jelas Imelsa mengungkapkan kegembiraannya.

Hal senada pun disampaikan oleh Syabil Saepuloh sebagai siswa kelas XII Jurusan TKR, “Biasanya saya berjibaku dengan obeng ketika pembelajaran, tapi di orkestra saya sangat senang memainkan violin. Setelah tiga tahun di SMK, ini kesempatan terbesar saya tampil di Kemendikbudristek.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)