10 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kesehatan Lingkungan, Ini Daftar Profesinya

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 08:48 WIB
loading...
10 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kesehatan Lingkungan,  Ini Daftar Profesinya
Saat ini Indonesia membutuhkan banyak tenaga profesional dalam bidang kesehatan, salah satunya adalah ilmu Kesehatan Lingkungan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini prospek kerja lulusan Jurusan Kesehatan Lingkungan . Saat ini Indonesia membutuhkan banyak tenaga profesional dalam bidang kesehatan, salah satunya adalah ilmu Kesehatan Lingkungan.

Jika kamu punya keinginan untuk berkarier di dunia kesehatan, bisa mempertimbangkan jurusan kesehatan lingkungan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 prospek kerja lulusan Kesehatan Lingkungan yang banyak dibutuhkan saat ini

10 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kesehatan Lingkungan

1.Inspektur Kesehatan Lingkungan


Bisa dikatakan profesi ini merupakan penanggung jawab sekaligus penegak hukum di bidang kesehatan masyarakat. Inspektur kesehatan biasanya bekerja di lembaga pemerintah dan mendapatkan gaji minimal Rp3 juta per bulan.

2. Spesialis di Bidang Keselamatan Lingkungan


Bekerja di bidang kesehatan dan keselamatan lingkungan merupakan tanggung jawab besar. Kamu akan melakukan pembersihan area yang mengalami polusi, mengurangi limbah, dan memberikan saran pada pembuat kebijakan. Jika mengambil pekerjaan ini, Kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp5 juta.

3. Pengawas Keamanan Pangan


Kamu juga bisa menjadi pengawas keamanan pangan yang melindungi konsumen dari makanan berbahaya. Melakukan inspeksi harian produk makanan menjadi tugas pengawas keamanan pangan. Untuk gaji, minimal bisa mendapatkan Rp3 juta sebulannya.


4. Analis Polusi Udara


Kamu bisa membantu menjaga kesehatan masyarakat dengan menjadi analis polusi udara. Penghasilan minimal Rp3 juta bisa didapatkan setiap bulan. Sebagai analis, Kamu bisa meneliti mengapa polusi terjadi dan mencari cara mengatasinya.

5. Spesialis Perlindungan Air dan Tanah


Selain menjadi analis polusi udara, prospek kerja kesehatan lingkungan lainnya adalah menjadi pelindung air dan tanah. Tugasnya untuk melakukan penanggulangan pencemaran air dan tanah yang akan berbahaya bagi masyarakat. Untuk masalah penghasilan, Kamu bisa mendapatkan Rp5 juta sebagai gaji bulanan.

6. Toksikologi Lingkungan

Menjadi seorang ahli toksikologi lingkungan artinya Kamu akan menjadi peneliti. Kamu akan melakukan eksperimen di laboratorium, melakukan kerja lapangan, juga menggunakan komputer untuk bekerja. Penghasilan sebulan profesi ini adalah sebesar Rp3 jutaan.

7. Petugas Daur Ulang

Sampah merupakan masalah utama yang memperburuk kesehatan lingkungan. Jika Kamu punya bekal pengetahuan mengenai cara mendaur ulang sampah, maka profesi sebagai petugas daur ulang sangat tepat. Kamu bisa mengembangkan ide-ide pendaurulangan sampah yang akan sangat membantu masyarakat. Penghasilan minimal Rp3 juta bisa didapatkan setiap bulan.


8. Petugas Pengelolaan Limbah


Selain petugas daur ulang, kesempatan menjadi petugas pengelolaan limbah juga terbuka lebar. Kamu akan menjadi petugas yang mengelola fasilitas limbah dan melakukan pengolahan limbah untuk meminimalkan efek negatifnya bagi lingkungan. Penghasilannya minimal Rp3 juta per bulan.

9. Petugas Konservasi Alam


Bukan hanya pengolahan limbah dan sampah, alam juga perlu dirawat dan diperbaiki jika terjadi kerusakan. Kamu bisa menjadi petugas konservasi alam untuk menjaga kelestarian alam sekitar. Gajinya bisa mencapai Rp5 jutaan sebulan.

10. Konsultan Lingkungan


Sebagai konsultan Kamu bisa menjalankan bisnis sendiri dan membantu berbagai pihak yang memiliki masalah lingkungan. Untuk penghasilan akan tergantung kontrak komersial atau non-komersial yang diambil.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)