29 Kampus Swasta di Provinsi DIY, Politeknik, Institut hingga Akademi Semua Ada

Rabu, 23 Agustus 2023 - 12:17 WIB
loading...
29 Kampus Swasta di Provinsi DIY, Politeknik, Institut  hingga Akademi Semua Ada
Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) merupakan salah satu kampus swasta di DIY. UTY memiliki 19 program Sarjana, 5 program Diploma, dan 3 program Pascasarjana. Foto/laman UTY
A A A
YOGYAKARTA - Ini daftar 29 kampus swasta di Provinsi DIY. Julukan kota pendidikan yang disematkan ke Kota Yogyakarta selama ini memang sulit terbantahkan. Perguruan tinggi bertebaran di sudut-sudut Kota Gudeg dan juga kota-kota sekitarnya yang masuk wilayah DIY.

Selain perguruan tinggi negeri, kalian juga bisa menemukan banyak kampus swasta di Yogyakarta. Dari yang terdaftar sebagai universitas, politeknik, akademi, sekolah tinggi, hingga institut.

Beberapa kampus swasta tersebut berlokasi di dalam kota Yogyakarta, dan ada juga di daerah sekitarnya, seperti Bantul, Sleman, dan Gunung Kidul. Semuanya tersebar di seluruh penjuru DIY. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah daftar 29 kampus swasta yang ada di Yogyakarta, baik dalam bentuk universitas, politeknik, sekolah tinggi, institut, maupun akademi.

Daftar 29 Perguruan Tinggi Swasta di DIY

1.Universitas Islam Indonesia (UII)


Universitas Islam Indonesia (UII) awalnya dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Islam. Pendirian tersebut didasari keprihatinan bahwa banyak mahasiswa yang bersekolah di sekolah milik kolonial Belanda.

Didirikan pada 8 Juli 1945, hingga sekarang UII memiliki 3 program studi D3, 25 program studi S1, 13 program Magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi. Secara lengkap dapat dilihat pada laman www.uii.ac.id.

2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)


Diresmikan pada 19 Desember 1994, mulanya Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dikenal sebagai IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. IKIP Muhammadiyah sendiri berkembang dari FKIP Muhammadiyah Jakarta yang memiliki cabang di Yogyakarta.

Saat ini, UAD memiliki lima program pendidikan: Sarjana Terapan, Sarjana, Magister, Profesi, dan Doktor, dengan total sebelas fakultas. Jika kalian berminat kuliah di UAD, kalian dapat melihat info lengkapnya di https://uad.ac.id.

3. Universitas Atma Jaya (UAJY)

Universitas Katolik Atma Jaya Indonesia di Yogyakarta sebelumnya merupakan bagian dari Universitas Katolik Atma Jaya Indonesia yang ada di Jakarta. Tetapi, kemudian berpisah pada tahun 1973 dan membantuk Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY).

Yayasan yang memprakarsai pendirian UAJY adalah Slamet Rijadi Foundation. Saat ini memiliki 12 program studi reguler dan 5 program studi internasional untuk Sarjana, serta 7 program studi untuk Magister. Informasi lengkapnya dapat dilihat pada laman http://www.uajy.ac.id.

4. Universitas Sanata Dharma


Awalnya, Universitas Sanata Dharma bernama Perguruan TInggi Pendidikan Guru Sanata Dharma dengan 4 jurusan. Kemudian berubah menjadi FKIP Sanata Dharma, dan pada tahun 1965 menjadi IKIP Sana Dharma.



Barulah nama tersebut berubah menjadi Universitas Sanata Dharma pada tahun 1993. Universitas Sanata Dharma mempunyai 25 program studi Sarjana, 8 Program Magister, 1 Program Doktor, dan 1 Program Profesi. Selengkapnya dapat dilihat pada laman www.usd.ac.id/.

5. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)


Universitas Kristen Duta Wacana atau yang lebih sering disebut UKDW merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana yang berdiri tahun 1962. Kampus ini sendiri kemudian berdiri tahun 1985. UKDW mempunyai tujuh fakultas: Fakultas Bisnis, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Teologi,Fakultas Kependidikan dan Humaniora, dan Fakultas Bioteknologi. Untuk kalian yang berminat dengan program tersebut, dapat mengunjungi www.ukdw.ac.id.

6.Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)


Didirikan pada tahun 1981, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) awalnya menyewa gedung sekolah SPG Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai kampus pertama. Kemudian, gedung pertama berdiri tahun 1985 di Bantul. Setelah itu, dilakukan pembangunan gedung terpusat di tahun 1988. Hingga saat ini, UMY mempunyai 23 program studi Sarjana, 3 program studi Diploma, 7 Program Magister, 5 Program Profesi, dan 3 Program Doktor. Untuk tahu lebih lengkap dapat mengunjungi www.umy.ac.id.

7. Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)


Universitas Teknologi Yogyakarta didirikan tahun 2002 dengan menggabungkan tiga perguruan tinggi, yaitu: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Dharma Bangsa, Akademi Bahasa Asing Yogyakarta, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yogyakarta.

UTY sendiri diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Bakti IPTEK. Sampai saat ini, terdapat 19 Program Sarjana, 5 Program Diploma, dan 3 Program Pascasarjana di UTY. Jika ingin tahu lebih banyak, kalian bisa mengunjungi https://uty.ac.id.

8. Universitas AMIKOM

Bagi yang belum tahu, sebelumnya, Universitas AMIKOM berbentuk Sekolah Tinggi, yaitu bernama STMIK AMIKOM. Perubahan nama ini ditujukan untuk memudahkan Universitas AMIKOM untuk mencapai visi sebagai perguruan tinggi unggulan di bidang kewirausahaan dan ekonomi kreatif.

Sekarang, Universitas AMIKOM mempunyai 19 Program Sarjana, 2 Program Diploma, dan Pascasarjana MTI. Jika kalian berminat untuk kuliah di Universitas AMIKOM, kalian dapat mengunjungi https://home.amikom.ac.id.

9. STIE YKPN


Sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, STIE YKPN menyediakan program studi khusu Akuntansi dan Manajemen. Terdapat program S1 Akuntansi, S1 Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Manajemen, dan Pendidikan Profesi Akuntan. STIE YKPN didirikan pada 12 September 1980.

Pada tahun 2002, kampus ini menjadi perguruan tinggi pertama yang mempunyai program Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk). Jika kalian berminat belajar mengenai Akuntansi atau Manajemen, kalian dapat melihat informasinya di www.stieykpn.ac.id.

10. Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta

Awalnya, Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (STIMARYO) bernama Akademi Maritim Yogyakarta yang berdiri pada 23 September 1964. Perubahan nama ini diresmikan pada tahun 2019.

Jika ingin menjadi bagian dari angkatan maritim, kalian sangat bisa mencari informasi tentang Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta ini. Sekolah maritim ini menawarkan empat program. Program dengan Akreditasi “A” adalah D3 Manajemen Transportasi Laut. Selengkapnya kalian bisa mempelajari di http://stimaryo.ac.id.


Kampus Swasta di Yogyakarta lainnya:

11. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
12. Universitas Janabadra
13. Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
14. Universitas Mercu Buana Yogyakarta
15. Universitas PGRI Yogyakarta
16. Akademi Kebidanan Yogyakarta
17. STBA LIA Yogyakarta (Bahasa Asing)
18. Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta
19. STIKES Aisyiyah Yogyakarta (Kesehatan)
20. STMIK AKAKOM (Manajemen Informatika dan Komputer)
21. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo
22. Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD
23. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan
24. Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
25. Universitas Respati Yogyakarta
26. STTN Yogyakarta (Teknologi Nasional)
27. STIKES Surya Global (Kesehatan)
28. STISIPOL Kartika Bangsa (Ilmu Politik dan Ilmu Sosial)
29. Institut Sains dan Teknologi AKPRIND
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)