Kisah Himyar, Calon Ekonom Muda dari SMA 8 Jakarta Peraih Emas di IEO Yunani

Rabu, 23 Agustus 2023 - 11:54 WIB
loading...
A A A
“Prosesnya cukup panjang. Saya baru mulai menyentuh OSN bidang Ekonomi itu bulan Februari 2022 untuk seleksi sekolah. Di tingkat provinsi sebenarnya saya tidak menyangka bisa lolos juga, tapi Alhamdulillah diberi kesempatan untuk mewakili DKI Jakarta di OSN tingkat nasional. Di tingkat nasional pada bulan Oktober 2022, saya mendapat medali perunggu,” ungkap Himyar.

Usai mengikuti OSN, pada Februari 2023 Himyar diundang oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengikuti Seleksi dan Pembinaan Tahap I ajang talenta Internasional.

Himyar pun sangat bersemangat. Ia mengikuti berbagai tahapan pembinaan dan seleksi sebanyak tiga kali hingga akhirnya menjadi wakil Indonesia di ajang International Economics Olympiad (IEO) tahun 2023.

“Selesai OSN, mulailah Pelatnas untuk menyeleksi 30 peraih medali OSN bidang Ekonomi. Pelatnas pertama ini walau daring tapi cukup menguras energi karena dari pagi sampai malam harus bisa menyerap materi dan mengerjakan berbagai tugas bersama peserta lain. Alhamdulillah dari Pelatnas 1 dan 2 saya menjadi salah satu wakil Indonesia untuk ajang IEO,” ungkapnya.

Baca juga: Sajian Orkestra Berkelas SMK TI Muhammadiyah Cikampek Meriahkan HUT ke-78 RI di Kemendikbudristek

Deretan Prestasi Himyar


Sebelum berhasil memperoleh prestasi di ajang IEO, beberapa prestasi sempat ditorehkan Himyar yaitu Juara III FLS2N Mendongeng Tingkat Kota Jakarta Timur Tahun 2014, Juara Harapan III OSN Matematika Tingkat Kota Jakarta Timur Tahun 2017, Juara I O2SN Catur Tingkat Kecamatan Matraman tahun 2017.

Dia juga meraih Juara III Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019, Juara II Lomba Cerdas Cermat HUT ke-75 RI di Kopassus Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020, Juara Harapan I Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020, Medali Perunggu OSN bidang Ekonomi Tahun 2022.

Tidak hanya itu, hal yang membanggakan, Himyar merupakan siswa yang saat ini sedang mengikuti pembinaan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Angkatan 3 dari Pusat Prestasi Nasional.

Mimpi dan Cita-Cita Himyar


Himyar yang menyukai bidang ekonomi, saat ini mulai melakukan langkah-langkah kecil seperti mengajar adik-adik kelasnya dan mendirikan media platform di bidang ekonomi.

Di sisi lain, ia mempunyai harapan besar di masa depan untuk memajukan Indonesia lewat kebijakan-kebijakan ekonomi. “Mimpi terbesar saya yaitu ingin membuat perubahan bagi Indonesia lewat Ilmu-Ilmu yang pernah saya pelajari,” tuturnya.

Himyar memberi pesan kepada para sobat prestasi di seluruh Indonesia. “Proses meraih prestasi ini bagai lari maraton. Bukan tentang siapa yang larinya paling cepat tapi lebih kepada siapa yang bisa bertahan dan terus berlari dalam jangka yang panjang,” punugkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1770 seconds (0.1#10.140)