Kenapa Dokter Selalu Identik dengan Jas Warna Putih? Ternyata Ini Penyebabnya

Rabu, 23 Agustus 2023 - 14:16 WIB
loading...
Kenapa Dokter Selalu Identik dengan Jas Warna Putih? Ternyata Ini Penyebabnya
Sebelum berwarna putih, jas dokter ternyata sempat berwarna hitam yang di kemudian hari dianggap menyeramkan dan diganti lagi ke warna putih karena dianggap melambangkan kesucian. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi kamu mahasiswa Kedokteran , mungkin pernah terpikir pertanyaan kenapa jas dokter selalu berwarna putih? Kenapa bukan warna lain? Selama ini profesi dokter memang identik dengan jas warna putih.

Selama bertahun-tahun bahkan sejak zaman dulu hal itu sudah mahfum. Lalu muncul pertanyaan aapakah memang sejak awal para dokter menggunakan jas putih saat bertugas? Untuk menjawab hal itu, artikel kali akan mengulas sejarah kenapa jas dokter berwarna putih.

Awal Mula Dokter Memakai Jas Putih

Melansir Medelita, secara historis dari pertama kali hingga akhir abad ke-19, dokter pada masa itu tidak mengenakan pakaian putih sama sekali. Faktanya, mereka hanya mengenakan pakaian hitam.

Pakaian hitam yang digunakan para dokter di masa lalu itu menandakan bahwa kehadiran mereka sangatlah penting. Hitam bermakna fokus dan serius. Artinya, sebagai dokter, mereka akan memberikan upaya terbaik ketika menangani pasien hingga membuat pasien sembuh dari penyakitnya.

Di samping itu, warna hitam dianggap cukup praktis untuk menyamarkan noda yang kemungkinan menempel saat bertugas menyelamatkan pasien. Namun seiring waktu, tampil dengan jas hitam terkesan menyeramkan. Tak jarang, banyak yang menganggap para dokter itu datang untuk mencabut nyawa.



Untuk membangun citra baru mereka, akhirnya beberapa rumah sakit mulai beralih pada peraturan baru yang mengarahkan para dokter mengenakan jas putih. Tampilan putih menandakan bersih, steril dan menenangkan.

Tak hanya soal pakaian tenaga medis, rumah sakit juga mengatur dan melengkapi tempat tidur pasien dengan seprai putih baru yang bersih. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap mereka yang bekerja di dunia medis sekaligus meredam stigma rumah sakit adalah tempat yang mengerikan.

Perubahan aturan berpakaian dokter terjadi relatif cepat. Itu tergambar dari dua lukisan terkenal karya Thomas Eakins. Lukisan pertama tahun 1875 menggambarkan keseluruhan ruang operasi dokter yang berwarna hitam, begitu gelap. Kemudian pada tahun 1889, Eakins melukis gambaran semua dokter memakai jas putih yang tampak lebih bersahabat.

Pada dasarnya, belum ada sumber yang menjelaskan kapan pertama kali jas putih disepakati sebagai pakaian resmi dokter. Bahkan, tidak ada juga yang mengungkapkan siapa yang merancang snelli dokter.

Penggunaan Jas Putih Dokter Sempat Dilarang

Di sisi lain, The American Medical Association (AMA) pernah memutuskan sebuah resolusi baru yang merekomendasikan rumah sakit untuk melarang jas lab putih ikonik dokter. Pasalnya, warna itu dianggap berkontribusi menyebarkan infeksi.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa jas tersebut mengandung bakteri yang berbahaya. Tahun 2008, The Scottish National Health Service juga pernah menolak penggunaan jas putih bagi tenaga medis. Mereka menganjurkan agar dokter mengenakan pakaian bebas rapi atau pakaian bisnis seperti kemeja dan celana netral.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2418 seconds (0.1#10.140)