Mengenal Prof Pitoyo, Diaspora Indonesia Di Balik Terciptanya Robot Gundam Raksasa di Jepang

Minggu, 03 September 2023 - 10:26 WIB
loading...
A A A
Sebagai seorang ilmuwan, Pitoyo menggeluti bidang Artificial Intellegence dan juga Neuro Network. Menurutnya, Ilmuawan AI asal Indonesia di Jepang termasuk tidak banyak. Akan tetapi banyak mahasiwa Indonesia yang belajar AI di Jepang kemudian kembali.

Jadi Pengajar di Jepang Sembari Melakukan Penelitian Bersama Mahasiswa Surabaya


Dia saat ini lebih memilih tinggal dan bekerja di Jepang, karena terbukanya kesempatan untuk menjadi pengajar di sana. Saat ini, Pitoyo menjadi Full Professor School of Engineering di Chukyo University Nagoya Jepang dan Peneliti di Institute for Human Robot Co-Creation, Waseda University.

Menurut dia banyak alasan diaspora lebih memilih tinggal di luar negeri, dan juga pulang ke Tanah Air. Namun hal itu bukan untuk dipertentangkan. Karena banyak diaspora yang tinggal di luar negeri juga memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

"Saya berada di Jepang, tapi saya juga membimbing mahasiswa S2 dan S3 di Surabaya, kita melakukan penelitian bersama. Tidak banyak yang bisa saya lakukan, tapi saya harap ada triple effect, dari situ mereka menjadi dosen dan melakukan hal yang sama pada mahasiswanya," ujarnya.

"Mungkin saya lebih bisa berkontribusi bagi Indonesia kalau saya tidak di Indonesia. Mungkin kalau saya kembali ke Indonesia saya tidak bisa melakukan apa-apa," pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)