Unand Pasok Tinta Organik Berbahan Gambir untuk Pemilu 2024

Jum'at, 15 September 2023 - 11:08 WIB
loading...
Unand Pasok Tinta Organik Berbahan Gambir untuk Pemilu 2024
Inovasi tinta berbahan gambir dari Unand berhasil memenangkan tender pengadaan logistik tinta Pemilu 2024. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Universitas Andalas (Unand) membuat tinta berbahan gambir yang ramah lingkungan. Inovasi tinta ini pun berhasil memenangkan tender pengadaan logistik tinta Pemilu 2024 meliputi 35 provinsi.

Tanaman gambir sebagai komoditas terbesar di Sumatra Barat dimanfaatkan oleh Universitas Andalas (Unand) dengan menciptakan inovasi tinta organik yang ramah lingkungan.

Pada Dies Natalis ke-67 tahun, Rektor Unand Prof Yuliandri meluncurkan secara simbolis pengiriman bahan baku tinta Pemilu 2024.

Rektor menjelaskan, kampus yang diresmikan oleh Wapres Muhammad Hatta 13 September 1956 lalu ini telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT KIJ dalam hal pembuatan tinta Pemilu.

Baca juga: Skripsi Tidak Wajib Lagi? Jangan Senang Dulu, Ini 5 Opsi Bentuk Tugas Akhir Mahasiswa

"Tinta ini berbahan organik dari tinta gambir yang ramah lingkungan, aman untuk kulit dan eco friendly," kata Prof Yuliandri dikutip dari laman Unand, Jumat (15/9/2023).

Dia menjelaskan, Unand bersama PT KIJ memenangkan tender pengadaan logistik tinta. Hal ini merupakan sesuatu yang membanggakan, ucapnya, karena 90 % provinsi di Indonesia memanfaatkan tinta Pemilu hasil inovasi anak bangsa.

“Enam zona yang dimenangkan meliputi 35 provinsi ini merupakan suatu prestasi yang sangat baik karena lebih kurang satu juta botol tinta akan dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan pemilu,” tuturnya.

Dia menerangkan, kerja sama ini memberi manfaat bagi Unand sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam bentuk perjanjian lisensi atas kekayaan intelektual.

Baca juga: Mahasiswi Program Doktor Double Degree UGM Raih Beasiswa dari Jerman, Apa Penelitiannya?

“Ini juga menjadi contoh sinergi yang baik antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, ini juga upaya untuk meningkatkan nilai tambah dari sumber daya alam yang ada di Indonesia, khususnya gambir untuk menjadi produk yang memiliki nilai saing dan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat.

Tidak hanya itu, PTN yang berlokasi di Sumatra Barat ini pun mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yaitu capaian Indikator Kinerja Utama pada pilar 5 (IKU 5) yaitu Jumlah Terbanyak Hasil Kerja Dosen Digunakan Oleh Masyarakat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)