Ingin Bersaing di Dunia Kerja? Inilah Soft Skill Paling Dibutuhkan di Masa Depan

Senin, 18 September 2023 - 14:03 WIB
loading...
Ingin Bersaing di Dunia Kerja? Inilah Soft Skill Paling Dibutuhkan di Masa Depan
Ada beberapa jenis softskill yang penting untuk dikuasai agar bisa memenangkan persaingan di dunia kerja di masa depan salah satunya kemamuan berkomunikasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar kemampuan soft skill yang dibutuhkan di masa depan.Pusing karena belum mendapat kerja? Atau bingung bagaimana cara agar bisa memenangkan persaingan di dunia kerja ? Untuk bisa diterima kerja atau bekerja di perusahaan impian, setiap orang harus mengasah hardskill dan softskill sebagai bekal untuk memulai karier.

Hardskill penting untuk menjalankan teknis suatu perusahaan sesuai bidang yang dikuasai. Namun, softskill tidak kalah penting sebagai penunjang hubungan antara rekan kerja, atasan, serta klien.

Ada beberapa jenis softskill yang penting untuk dikuasai, terutama bagi pekerja yang sering bertemu dengan orang lain. Lalu, apakah jenis softskill yang paling diperlukan di masa depan? Dirangkum dari survei LinkedIn, berikut daftar kemampuan soft skill yang diprediksi sangat dibutuhkan di masa depan.

Jenis Soft Skill yang Paling Diperlukan Menurut Lembaga Perekrut (2023)


1. Komunikasi (78%)

2. Membangun relasi (73%)

3. Kemampuan Beradaptasi (58%)

4. Pemecahan Masalah (53%)

5. Kecerdasan Bisnis (51%)


Apa Itu Soft Skill?


1. Soft skill adalah ciri-ciri karakter dan keterampilan interpersonal yang menjadi ciri hubungan seseorang dengan orang lain. Di tempat kerja, soft skill menjadi pelengkap dari hard skill, yang mengacu pada pengetahuan dan keterampilan kerja seseorang.

2. Sosiolog umumnya menggunakan istilah “soft skill” untuk menggambarkan kecerdasan emosional seseorang (EQ) sebagai lawan dari intelligence quotient (IQ).

3. Terlebih lagi, soft skill lebih berkaitan dengan siapa seseorang itu daripada apa yang mereka ketahui. Dengan demikian, mereka mencakup ciri-ciri karakter yang menentukan seberapa baik seseorang berinteraksi dengan orang lain dan biasanya merupakan bagian yang pasti dari kepribadian seseorang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)