Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Cerpen dan Contohnya

Minggu, 24 September 2023 - 11:40 WIB
loading...
A A A
Contohnya, dalam cerpen ”The Tell-Tale Hear” karya Edgar Allan Poe, memakai gaya penulisan yang intens sehingga dapat menciptakan suasana yang menegangkan dan mengekspresikan kegilaan pada karakter utama.

7. Amanat


Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh penulis melalui ceritanya. Amanat berkaitan dengan tema yang dibawakan pada cerita.

Contohnya, dalam cerpen ”Kisah Si Anak Durhaka”, menyampaikan amanat mengenai pentingnya menghormati orang tua dan memiliki rasa kasih sayang terhadap mereka.

Berikut Unsur Ekstrinsik dalam Cerpen

1. Latar Belakang Penulis


Latar belakang penulis adalah faktor-faktor yang memengaruhi penulis dalam menuliskan cerita, seperti sejarah, pengalaman, dan nilai-nilai.

Contohnya, Ernest Hemingway seorang penulis terkenal yang sering menggunakan pengalaman perangnya sebagai latar belakang karya-karyanya, seperti salah satu karyanya yang berjudul ”A Farewell to Arms”.

2. Latar Belakang Masyarakat


Latar belakang masyarakat dapat berupa nilai-nilai sosial, sejarah, politik, dan norma-norma yang ada dalam masyarakat pada saat penulis mengarang cerpen. Latar belakang masyarakat dapat memengaruhi cara cerita mencerminkan aspek-aspek sosial dan budaya.

Contohnya, dalam cerpen ”Animal Farm” karya George Orwell menggunakan cerita tentang hewan-hewan di peternakan untuk mengkritik sistem politik dan sosial pada saat itu.

3. Nilai dalam Cerpen


Nilai dalam cerpen dapat berupa nilai moral, sosial, dan budaya yang ingin disampaikan oleh penulis sehingga dapat membentuk pandangan pembaca tentang moralitas dan etika dalam kehidupan.

Contohnya, O. Henry dalam karyanya yang berjudul ”The Gift of The Magi”, mengandung nilai-nilai pengorbanan dan cinta tulus yang sangat terkandung dalam cerita.

MG/Shandya Pricilla
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5177 seconds (0.1#10.140)