Mengenal Program Studi Ortotik Prostetik, Salah Satu Jurusan Langka di Indonesia

Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:39 WIB
loading...
A A A
4. Untuk semester 7 dan 8, dilaksanakan program clinical attachment (praktik klinik) di rumah sakit dan klinik mandiri untuk meningkatkan kualitas klinis dan kompetensi peserta didik

5. Dalam pencapaian kompetensi untuk menjadi tenaga kesehatan profesional di bidang ortotik prostetik, maka di Prodi Sarjana terapan Ortotik Prostetik telah dilengkapi berbagai macam fasilitas, antara lain, ruang kelas (ruang tutorial) dengan fasilitas LCD, Teleconference, AC yang terstandar, lalu ruang praktikum (workshop) sesuai dengan standar pelayanan Ortotik Prostetik.

6. Kualifikasi dosen pengajar di Prodi Sarjana Terapan Ortotik Prostetik sudah memenuhi standar dosen dengan minimal pendidikan Magister.

7. Beberapa dosen merupakan lulusan perguruan tinggi luar negeri di bidang ortotik prostetik, antara lain lulusan ISPO Cat II PIPOS (Pakistan), ISPO Cat II VIETCOT (Vietnam), dan ISPO Cat I Mahidol (Thailand).

Prospek Kerja Lulusan Prodi Ortotik Prostetik


1. Sebagai lulusan Ortotik Prostetik, pilihan profesi utama yang bisa kamu geluti adalah praktisi ortotik prostetik atau biasa disebut dengan ortotis prostetis.

2. Ortotik prostetik bertugas untuk merancang, memodifikasi, menyesuaikan, dan memperbaiki perangkat ortotik dan prostetik di rumah sakit atau pusat rehabilitasi.

3. Umumnya, ortotik prostetik bekerja secara tim dan tergabung ke dalam unit rehabilitasi medik antara lain bersama dokter, fisioterapis, psikolog, petugas sosial medis, dan perawat rehabilitasi.

4. Selain di rumah sakit atau perusahaan swasta, ortotik prostetis memiliki kesempatan untuk berkarier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)

5. Sebagai PNS, ortotik prostetik bertanggung jawab untuk melakukan pelayanan ortotik prostetik pada sarana pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah maupun pusat seperti puskesmas dan rumah sakit umum.

6. Jenjang karier ortotik prostetik yang menjabat sebagai PNS dimulai dari ortotik prostetik pelaksana, ortotik prostetik pelaksana lanjutan, hingga ortotik prostetik penyelia.

7. Kalau tertarik terjun ke dunia bisnis kesehatan, kamu bisa berkarier sebagai pengusaha yang memproduksi alat bantu medis seperti tangan dan kaki palsu untuk para penyandang disabilitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)