Mau Kuliah di Kedokteran UGM? Ini Besaran Uang Kuliahnya Tahun 2023

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 18:00 WIB
loading...
Mau Kuliah di Kedokteran UGM? Ini Besaran Uang Kuliahnya Tahun 2023
Pada tahun ajaran 2023, Kedokteran UGM menyediakan 54 kursi untuk calon mahasiswa baru. Sementara Kedokteran Gigi memiliki daya tampung 45 kursi dan Kedokteran Hewan 60 kursi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini besaran biaya kuliah di Jurusan Kedokteran UGM tahun 2023. Program studi (prodi) Kedokteran menjadi salah satu prodi paling favorit di kampus ternama Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sekadar gambaran, dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, peminat seleksi tes di prodi Kedokteran UGM tembus 3.802 pendaftar pada 2021 lalu. Capaian itu membuat Kedokteran sebagai prodi dengan peminat paling tinggi di UGM. Prodi lain yang masih serumpun, Kedokteran Gigi, mencapai 1.164 pendaftar pada 2021. Lalu, Kedokteran Hewan tembus 998 orang di periode yang sama.

Lantas, berapa besar biaya kuliah di tiga prodi favorit ini? Untuk menjawab pertanyaan itu, artikel kali ini akan memberi penjelasan seputar biaya kuliah Jurusan Kedokteran UGM tahun 2023, simak ya!

UKT Pendidikan Unggul dan Bersubsidi Prodi Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan UGM (2023)


1. UKT Pendidikan Unggul (PU) (Rp24,7 juta)

2. UKT PU Subsidi 25% (Rp18,5 juta)

3. UKT PU Subsidi 50% (Rp12,4 juta)

4. UKT PU Subsidi 75% (Rp6,2 juta) 5. UKT PU Subsidi 100% (0)


Sekilas Tentang Jurusan Kedokteran


1. Kedokteran adalah cabang dari ilmu kesehatan yang mempelajari tentang mempertahankan kesehatan serta keselamatan nyawa manusia dan makhluk hidup lainnya.

2. Jurusan yang satu ini nantinya akan mempelajari seputar sistem tubuh manusia, hingga penyakit, cara pengobatan, dan penerapannya.

3. Berdasarkan Peraturan Konsul Kedokteran Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 tentang Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia, hanya lulusan IPA yang bisa mengikuti menempuh pendidikan Kedokteran.

Sejumlah Prospek Kerja Jurusan Kedokteran


1. Dokter


Profesi dokter mungkin bisa dibilang adalah profesi impian banyak orang. Meskipun dikenal memiliki pekerjaan yang berat dan harus menempuh pendidikan yang terbilang lama, profesi dokter hingga kini masih menjanjikan.

2. Administrasi Medis


Selain membuka praktik, lulusan Kedokteran juga bisa terlibat dalam proses pengelolaan pelayanan medis maupun non-medis. Pelayanan non-medis ini mencakup bagian administrasi medis di mana bagian ini juga tidak kalah penting dari seorang profesi dokter.

3. Ahli Gizi (Nutritionist)


Seorang lulusan Jurusan Kedokteran nyatanya juga bisa menjadi seorang Ahli Gizi. Merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan, Ahli Gizi bertugas mengupayakan pemeliharaan dan perbaikan gizi masyarakat.

4. Bekerja di industri farmasi


Lulusan Kedokteran juga mempunyai peluang dan prospek kerja yang bagus di industri farmasi. Tugas dokter yang dapat diaplikasikan dalam industri farmasi adalah melakukan riset mengenai penyakit dan pengobatannya serta yang tak kalah penting adalah mempromosikan produk dari pabrik farmasi tersebut.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)