Prof Eighty Mardian, Guru Besar Perempuan Pertama Bidang Uroginekologi Rekonstruksi dari Unair

Rabu, 25 Oktober 2023 - 12:26 WIB
loading...
Prof Eighty Mardian, Guru Besar Perempuan Pertama Bidang Uroginekologi Rekonstruksi dari Unair
Prof Dr dr Eighty Mardian Kurniawati, SpOG(K) Subsp, Urogin- RE dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Uroginekologi Rekonstruksi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) memiliki guru besar baru bidang Uroginekologi Rekonstruksi. Dia adalah Prof Dr dr Eighty Mardian Kurniawati, SpOG(K) Subsp, Urogin- RE.

Mantan wartawan ini menjadi guru besar pertama bidang sub spesialis Iroginekologi Rekonstruksi dan perempuan satu-satunya. Rabu (25/10/10/2023) hari ini, Eighty bersama lima guru besar lain dikukuhkan Rektor Unair Prof M Nasih.

"Ada tiga di Indonesia. Satu di Jakarta sudah meninggal dan satu lagi juga di Jakarta tapi laki-laki. Lalu saya di Surabaya. Untuk Obgin pun (obsetri ginekologi/kebidanan dan penyakit kandungan), saya guru besar perempuan pertama di Surabaya," ujarnya, Selasa (24/10/2023) petang.


Menjadi guru besar bidang yang jarang ditekuni orang bagi Prof Eighty bukan sebuah kebetulan. Dia memang dikader senior-seniornya di Departemen Obgin FK Unair/RSU dr Soetomo untuk mendalami ilmu itu. "Katanya waktu itu ilmu ini akan banyak dibutuhkan. Banyak pasien mengalami ini namun waktu itu ada hal-hal yang jarang terkspos karena kondisi tertentu," kata Prof Eighty.

Seiring berjalan waktu ternyata benar. Ada banyak kasus bidang Uroginekologi Rekonstruksi ini. Dan dr Eighty merasa senang karena bisa membantu mengatasi masalah-masalah khususnya kaum hawa yang tidak banyak ahli yang bisa menanganinya.

"Saya merasa bersyukur pula karena waktu pandemi Covid-19 membuat dia bisa melakukan banyak riset terkait bidang ilmunya. Sehingga dia berhasil menyelesaikan studi S3-nya dan juga melakukan banyak hal untuk proses menjadi guru besar. "Waktu pandemi kan tidak boleh praktik jadi ya mau apa lagi. Ya riset, meneliti karena penelitian juga tidak melibatkan banyak orang," tuturnya.

Membran Amnion sebagai Terapi Regeneratif

Uroginekologi Rekonstruksi adalah sebuah cabang keilmuan Obstetri dan Ginekologi yang mempelajari dan melakukan tatalaksana gangguan dasar panggul. Gangguan dasar panggul adalah kondisi klinis yang disebabkan kelemahan/kerusakan dasar panggul.

Dapat berupa Inkontinensia Urin (IU)/beser, Prolaps Organ Panggul (POP), overactive bladder (kandung kemih terlalu aktif dan mudah berkemih), disfungsi seksual, inkontinensia fekal dan flatal (ketidakmampuan menahan buang air besar dan buang angin).
Penelitian memperkirakan lebih dari 50% wanita yang melahirkan mengalami gangguan dasar panggul, terutama POP dan Inkontinensia Urin.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)