Dorong Lahirnya Pengusaha dari Kampus, Presuniv Kolaborasi dengan Korea Selatan

Kamis, 30 November 2023 - 12:40 WIB
loading...
Dorong Lahirnya Pengusaha dari Kampus, Presuniv Kolaborasi dengan Korea Selatan
Rektor Presuniv Prof. Dr. Chairy (kiri) dan Walikota Jinju Kyoo-il Jo (kanan) usai penandatanganan MoU. Foto/Presuniv.
A A A
JAKARTA - Untuk mendorong semakin berkembangnya kewirausahaan di kalangan orang-orang muda, terutama dari lembaga pendidikan, Presiden University (Presuniv) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Jinju, Korea Selatan. Perjanjian MoU ditandatangani Rektor Presuniv Prof. Dr. Chairy dan Walikota Jinju Kyoo-il Jo.

Perjanjian kesepahaman tersebut mencakup saling tukar menukar informasi dan pengetahuan, kerja sama dalam penyebaran kewirausahaan, berbagai kegiatan promosi dalam bidang pendidikan, kebudayaan dan industri. Selain itu, dua belah pihak juga sepakat untuk terus mengeksplorasi berbagai bentuk kerja sama lainnya.

“Salah satu program Presuniv adalah terus meningkatkan jumlah lulusan yang berprofesi sebagai pengusaha. Untuk itulah kami mendirikan bisnis inkubator, yakni SetSail BizAccelator,” papar Prof. Chairy, dalam keterangan resmi, Kamis (30/11/2023).

Baca juga: President University Berbagi Pengalaman di Forum Internasional di Guanxi China

Melalui inkubator ini, lanjut dia, Presuniv menempa mahasiswa-mahasiswa yang sejak awal memang ingin menjadi pengusaha. “Selain itu, kami juga mempertemukan mereka dengan para investor,” ungkap Prof. Chairy.

Mengenai penandatanganan Perjanjian Kesepahaman, ujarnya, pihaknya ingin mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang bagaimana lembaga pendidikan dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha baru, terutama anak-anak muda, dari kalangan kampus.

Dalam kesempatan yang sama, Presuniv juga menggelar seminar bertopik Entrepreneurship Seminar: Sharing Insights on Korean Youth Entrepreneurship and Humane Entrepreneurship, Senin, 28 November 2023, di Auditorium Charles Himawan, Gedung A Kampus Presuniv di Jababeka Education Park, Cikarang, Bekasi.

Baca juga: Bantu Ketersediaan Dokter di Indonesia, Presuniv Resmi Buka Fakultas Kedokteran

Seminar tersebut menghadirkan dua pembicara internasional, yakni Dr. Ayman El Tarabishy, President & CEO International Council of Small Business (ICSB) dan Kyoo-il Jo, Walikota Jinju, Korea Selatan.

Mengapa pengusaha kecil suaranya sering tak didengar oleh banyak kalangan? tanya Ayman El Tarabishy. Itu karena skala bisnisnya yang kecil maka pengusaha kecil suaranya sering tak didengar oleh banyak kalangan. Berbeda dengan pengusaha skala besar yang bisnisnya menggurita ke mana-mana.

"Tapi, fakta yang sebenarnya tidak seperti itu. Ini terjadi bila seluruh pengusaha skala kecil mampu berjejaring, sehingga jumlah mereka menjadi sangat besar. Itu sebabnya agar suaranya lebih didengar, para pengusaha kecil perlu berjejaring, membangun network, agar terlihat besar. Jadi, small is the new big," ujarnya.

Selain berjejaring, pengusaha kecil juga harus memanfaatkan teknologi. “Gunakan teknologi digital dan media sosial untuk mempromosikan usahanya, sehingga bisnis-bisnis skala kecil pun menjadi terlihat,” tegas Ayman, yang juga Deputy Chair, Department of Management George Washington School of Business, Washington DC,. Lanjut dia, kalau bisnis skala kecilnya tidak terlihat, orang pun tidak akan peduli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3205 seconds (0.1#10.140)