Apa Nama Gelar Pendidikan untuk Pramugari? Ini Jawabannya

Selasa, 05 Desember 2023 - 10:22 WIB
loading...
Apa Nama Gelar Pendidikan untuk Pramugari? Ini Jawabannya
Ada gelar pendidikan untuk pramugari di Indonesia. Gelar tersebut diperoleh setelah menyelesaikan pendidikan D1 di bidang kepramugarian. Foto/Dok. STTKD
A A A
JAKARTA - Sebagian orang mungkin masih ada yang belum tahu tentang gelar pendidikan pramugari . Sebab, profesi ini tergolong unik dan jarang di antara mereka yang memilih menjadi pramugari.

Hal itu bisa terjadi karena menjadi seorang pramugari cukup sulit. Ada sejumlah syarat khusus yang harus dimiliki setiap peserta seperti penampilan menarik dan ilmu kepramugarian.



Pramugari juga harus mengikuti pelatihan yang cukup ketat. Lalu, apa gelar pendidikan untuk pramugari? Berikut ulasannya.

Nama Gelar Pendidikan Pramugari


Gelar pendidikan untuk pramugari di Indonesia biasanya adalah Ahli Pratama (AP-Pnb). Gelar ini diperoleh setelah menyelesaikan pendidikan diploma satu (D1) di bidang kepramugarian.

Salah satu sekolah tinggi yang menyelenggarakan program studi D1 Pramugari adalah Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) yang berlokasi di Yogyakarta. Kurikulum program studi ini terdiri dari dua semester yang membekali siswa dengan materi-materi seperti Aircraft Type, In Flight Announcement, Aviation Knowledge dan English for Aviation.



Selain gelar AP-Pnb, ada juga gelar lain yang bisa diperoleh oleh pramugari, yaitu Sarjana Penerbangan (S.Pnb). Gelar ini diperoleh setelah menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) di bidang penerbangan.

Universitas yang menyelenggarakan program studi S1 Penerbangan salah satunya adalah Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya), sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di bawah naungan TNI Angkatan Udara. Lokasinya terletak di kawasan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Namun, gelar pendidikan untuk pramugari tidak selalu harus berasal dari sekolah atau universitas khusus penerbangan. Banyak juga pramugari yang berasal dari lulusan SMA/SMK/sederajat maupun S1 dari semua jurusan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)