Makna Kata Alumnus dan Alumni dalam KBBI, Apa Bedanya?

Sabtu, 09 Desember 2023 - 05:33 WIB
loading...
Makna Kata Alumnus dan Alumni dalam KBBI, Apa Bedanya?
Kata alumnus dan alumni tercatat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kedua kata tersebut memili makna yang sedikit berbeda. Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Makna kata alumnus dan alumni di KBBI akan dibahas dalam artikel ini. Meski sekilas sama, keduanya memiliki makna yang sedikit berbeda.

Kata alumnus dan alumni tentu tak lagi asing lagi di telinga. Terlebih lagi kata alumni yang kerap digunakan dalam organisasi yang menghimpun para lulusan sebuah sekolah atau kampus. Umumnya, nama organisasi alumni tersebut didahului kata 'Ikatan' atau "Keluarga".

Sebagai contoh, Ikatan Alumni Universitas Indonesia atau yang biasa juga disebut Iluni UI. Contoh lainnya, Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB). Ada juga Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada yang biasa disingkat Kagama .

Makna Alumnus dan Alumni


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ), alumnus dan alumni memiliki makna yang berbeda. Kata alumnus bermakna orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi. Sementara, alumni bermakna orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi.



Jika dilihat dari kedua makna tersebut di atas, kita bisa menemukan letak perbedaannya. Alumni adalah bentuk jamak dari alumnus yang menunjukkan banyak orang. Sementara, alumnus adalah bentuk tunggal yang menunjukkan satu orang saja. Dengan kata lain, alumni adalah para alumnus atau kumpulan alumnus.

Berikut contoh kalimat yang menggunakan kata alumnus:

Angelo Wijaya, alumnus Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM), kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Kali ini, dia berhasil menjadi juara pertama kompetisi yang diadakan oleh World Bank Group Youth Summit 2022
.

Berikut ini contoh kalimat yang menggunakan kata alumni:

Kagama merupakan singkatan dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada. Sesuai namanya, organisasi ini beranggotakan alumni UGM.

Demikian ulasan tentang makna kata alumnus dan alumni. Semoga artikel ini bermanfaat.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)