Calon Mahasiswa, Ini Perbedaan Ilmu Kimia, Pendidikan Kimia, dan Teknik Kimia

Sabtu, 23 Desember 2023 - 19:04 WIB
loading...
A A A
Bagi para alumni program studi ini diharapkan dapat menjadi guru (baik di sekolah atau bimbel) dan dosen.

3. Teknik Kimia


Sedangkan Teknik Kimia ini merupakan cabang dari ilmu teknik. Jika tertarik mengambil jurusan ini, kalian akan belajar banyak tentang rekayasa pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna (barang jadi atau setengah jadi).

Contoh sederhana yang sering ditemui dalam kehidupan kita sehari-hari adalah proses fermentasi, seperti pembuatan yoghurt, roti, keju, kecap dan lainnya.

Baca juga: 14 Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Favorit, Ada Kampus Incaranmu?

Selain itu, di Teknik Kimia juga diajarkan untuk merancang teknologi industri kimia, bioproses, dan makanan. Perancangan yang dimaksud adalah merencanakan proses-proses yang terjadi dalam pabrik, seperti reaksi dalam reaktor untuk menghasilkan produk yang diharapkan.

Seorang alumni Teknik Kimia dapat memiliki prospek kerja yang cukup luas, seperti pada industri proses kimia (industri pupuk, pengolahan minyak bumi, kertas, polimer, gas, logam, makanan, obat-obatan).

Baca juga: Jurusan Teknik Kimia setelah Lulus Kerja Dimana?Simak Peluang Kariernya

Kalian juga bisa bekerja di pabrik pengelolaan proses kimia jasa rekayasa (perancangan proses kimia, pengadaan peralatan pabrik, pengadaan bahan konstruksi, pembangunan pabrik kimia).

Nah, dari penjelasan di atas sudah tahu ya mana jurusan kuliah yang mau kalian pilih? Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pejuang kuliah.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)