4 Universitas dengan Jurusan Ilmu Pemerintahan Terakreditasi Unggul BAN-PT, Unpad Juaranya

Kamis, 04 Januari 2024 - 10:57 WIB
loading...
4 Universitas dengan Jurusan Ilmu Pemerintahan Terakreditasi Unggul BAN-PT, Unpad Juaranya
Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung merupakan satu dari 4 universitas yang memiliki jurusan Ilmu Pemerintahan terakreditasi Unggul dari BAN-PT. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 universitas dengan jurusan Ilmu Pemerintahan terakreditasi ‘Unggul’ BAN-PT yang perlu diketahui. Salah satunya adalah Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

Pada perkembangannya, masyarakat telah mengenal banyak jurusan kuliah yang bisa ditemui di perguruan tinggi. Melihat sekian banyak, salah satu di antaranya adalah Ilmu Pemerintahan.

Bagi sebagian orang, Ilmu Pemerintahan mungkin tidak terlalu populer seperti jurusan Soshum lain. Kendati begitu, prospek kerjanya juga cukup luas dan tidak bisa diremehkan.

Saat ini, ada banyak perguruan tinggi Tanah Air yang membuka prodi Ilmu Pemerintahan. Beberapa di antaranya bahkan telah mendapat predikat ‘Unggul’ dari BAN-PT. Perguruan Tinggi mana saja?

Jurusan Ilmu Pemerintahan dengan Akreditasi Unggul


1. Universitas Padjadjaran


Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan salah satu perguruan tinggi kenamaan di Indonesia. Setiap tahunnya, mereka memiliki banyak pendaftar yang dari berbagai daerah di Tanah Air.

Melihat sekian banyak jurusan yang dimiliki, Unpad juga mempunyai program Sarjana (S1) Ilmu Pemerintahan. Mengutip laman resminya, prodi Ilmu Pemerintahan tersebut sudah beroperasi sejak 8 Desember 1983.

Prospek kerja yang dimiliki prodi Ilmu Pemerintahan Unpad pun beragam. Misalnya, seperti birokrat tingkat pusat/daerah, asisten peneliti, anggota legislatif pusat/daerah, aktivis, konsultan pemerintahan, dosen, dan lainnya.

Pada akreditasinya, program Sarjana (S1) Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran memiliki predikat ‘Unggul’ dari BAN-PT. Akreditasi tersebut masih berlaku hingga 31 Mei 2027 mendatang.

2. Universitas Hasanuddin


Berikutnya ada Universitas Hasanuddin. Pada berbagai prodi yang tersedia, mereka memiliki program Sarjana Ilmu Pemerintahan.
Prodi Sarjana Ilmu Pemerintahan berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin. Saat ini, akreditasinya telah mencapai predikat ‘Unggul’ BAN-PT. SK akreditasi tersebut telah didapat sejak 2022 lalu. Sementara batas berlakunya adalah sampai Mei 2027 mendatang.


3. Universitas Muhammadiyah Malang


Universitas Muhammadiyah Malang juga memiliki jurusan Ilmu Pemerintahan. Mengutip laman resminya, prodi tersebut telah melahirkan banyak lulusan yang terserap di berbagai tempat sejak 1986.

Berkaitan akreditasi, program Sarjana Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang juga menjadi salah satu yang mendapat predikat ‘Unggul’ dari BAN-PT. Akreditasi tersebut masih berlaku hingga Februari 2028 mendatang.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta


Terakhir ada nama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Mengutip laman resminya, kampus tersebut membuka prodi Ilmu Pemerintahan sejak 1986.

Pada status akreditasi, program Sarjana (S1) Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki predikat ‘Unggul’ BAN-PT. Status tersebut masih berlaku hingga Juni 2024 mendatang.

Sedikit berbeda dengan nama-nama sebelumnya di atas, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga memiliki program Magister (S2) Ilmu Pemerintahan yang mendapat predikat ‘Unggul’. Akreditasinya masih berlaku hingga Juli 2027 mendatang.

Demikian ulasan mengenai deretan universitas dengan jurusan Ilmu Pemerintahan terakreditasi ‘Unggul’ BAN-PT.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)