Profil Dr. Ian Montratama, Pakar Hubungan Internasional Universitas Pertamina yang Jadi Panelis Debat Capres Ke-3

Sabtu, 06 Januari 2024 - 13:19 WIB
loading...
Profil Dr. Ian Montratama, Pakar Hubungan Internasional Universitas Pertamina yang Jadi Panelis Debat Capres Ke-3
Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina Dr. Ian Montratama menjadi satu dari 11 panelis debat Capres ke-3 yang digelar Minggu 7 Januari 2024. Foto/UP
A A A
JAKARTA - Ini profil Dr. Ian Montratama, pakar Hubungan Internasional dari Universitas Pertamina yang didaulat menjadi satu dari 11 panelis debat Capres ke-3. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan 11 nama yang akan menjadi panelis untuk debat capres-cawapres ke-3.

Debat capres-cawapres ke-3 dalam rangkaian Pilpres 2024 akan dilaksanakan pada Minggu, 7 Januari 2024. Debat kali ini
Salah dari 11 panelis debat Capres ke-3 adalah d Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina Dr. Ian Montratama. Siapa Ian Montratama? Untuk mengulik sosoknya, artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

Profil Ian Montratama, Pakar Hubungan Internasional Universitas Pertamina


Dilansir dari website Universitas Pertamina, Ian Montratama menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia pada tahun 1999, kemudian mengambil pendidikan Magister di European Business (M.E.B.), EDHEC Lille, Prancis di 2000 – 2001.

Pada November 2013, ia pernah mengikuti program eksekutif di Naval Postgraduate School (NPS), Monterey, California, Amerika Serikat, dan menempuh jenjang S2 (Magister) pada September 2013 hingga Oktober 2014, dalam Program Pascasarjana dalam Strategi Perang Total (SPS), Universitas Pertahanan (UNHAN), Sentul, Indonesia.



Tak sampai di situ, pada tahun 2017 Ian menuntaskan Program Doktor dalam Hubungan Internasional dari Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung secara cum laude. Kini, Ian menjadi pengajar di program studi Hubungan Internasional di Universitas Pertamina.

Kiprah Organisasi Ian Montratama


Selain pengajar, ia juga memiliki pengalaman panjang di sejumlah organisasi. Pada 2016, ia menjadi Lead Think-tank for Seminar Forum International Indo Defense 2016's material, Ditjen Pothan Kemhan RI via PT. Napindo Media Ashatama.

Lalu sejak 2001 hingga kini menjadi Director of Operation, PT. Auvia Gaya Perkasa. Pada 2014 hingga sekarang, ia bergabung di Associate Fellow Researcher for Security and Foreign Policy Analysis, Institute for Defense and Strategic Research (IDSR).

Dengan ilmunya, Ian turun untuk mengabdi di masyarakat pada 2019 sebagai Pelaksana Pembaharuan Taman Trotoar di Depan Kedutaan Besar Peru di Jakarta, sebagai bentuk Citizen Diplomacy Prodi HI Universitas Pertamina. Di 2020 ia juga bergabung dengan kelompok Pembangunan Rumah Belajar Kampung Nelayan Penjaringan Jakarta Utara.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)