UI Tingkatkan Kesadaran Pencegahan Gangguan dan Luka Kaki Pasien Diabetes

Kamis, 25 Januari 2024 - 14:26 WIB
loading...
A A A
“Anggota PROLANIS juga dinilai gangguan sensitifitas akibat kerusakan saraf melalui pemeriksaan monofilament dan juga dilakukan penilaian gangguan sirkulasi darah yang sering tejadi pada penyandang DM melalui pemeriksaan Ankle Brachial Index (ABI),” tambahnya.

Hasil pemeriksaan menunjukkan hampir semua anggota PROLANIS mengalami masalah kaki seperti kekeringan pada kulit, perubahan warna dan penebalan kuku serta adanya kapalan. Bahkan ditemukan dua orang anggota PROLANIS yang telah mengalami gangguan sirkulasi darah yang ditunjukkan dengan nilai ABI kurang dari 0,9.

Peserta PROLANIS dan kader yang hadir pada kegiatan tersebut juga mendapatkan edukasi tentang mitos dan fakta tentang penyakit DM, serta edukasi tentang perawatan kaki agar terhindar dari luka kaki DM dan deteksi dini tanda-tanda resiko terjadinya luka kaki.
Peserta menyambut sangat antusias kegiatan ini karena sangat jarang sekali kegiatan pemeriksaan kaki seperti ini dilakukan.

“Pentingnya edukasi serta pemeriksaan sirkulasi darah dan juga sensitifitas sentuhan pada daerah kaki bagi penyandang DM, menjadi alasan tim Pengabdian Masyarakat melakukan kegiatan webinar khusus bagi perawat Puskesmas kota Depok. Perawat Puskesmas dianggap sebagai garda terdepan dalam pencegahan komplikasi lebih lanjut pada pasien DM,” katanya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)