Program Magang, Siapkan Lulusan Hadapi Tantangan di Dunia Kerja

Jum'at, 02 Februari 2024 - 21:45 WIB
loading...
A A A
Ini ungkap dia untuk mengantisipasi agar hal-hal yang kontraproduktif tidak terjadi. "Kita tidak mau, peserta magang hanya untuk menjadi tenaga yang tidak produktif. Misalnya hanya diminta membantu fotokopi atau semacamnya. Kita juga tidak mau, peserta magang, justru menjadi beban di kantor mitra," ucapnya. Oleh karena itu, Dekan dan jajarannya, setiap saat melakukan komunikasi dan interaksi dengan kantor mitra terkait.

Mitra Magang Ardians and Co Law Firm
Salah satu mitra magang, yang kini masih terus menjalin kerja sama adalah Ardians and Co Law Firm. Menurut Managing Partners Ardians and Co Law Firm Muhammad Hadi Ardiansyah, pihaknya telah menjadi mitra sejak tahun 2021. Hingga kini, ia telah memberi kesempatan pada puluhan mahasiswa untuk magang di tempatnya.

Program Magang, Siapkan Lulusan Hadapi Tantangan di Dunia Kerja

Dekan FH Universitas Pancasila Prof. Eddy Pratomo dan Pendiri sekaligus Managing Partners Kantor Hukum Ardians and Co.

Ia mengaku sangat berkomitmen pada kerja sama ini dan selalu membuka diri untuk memberi kesempatan pada peserta magang. "Magang ini menurut pengalaman saya sangat penting dan sangat bermanfaat, sehingga saya selalu memberi kesempatan teman-teman untuk magang di kantor kami, " ucapnya.

Hal ini diungkapkan lantaran, dirinya mengaku dari maganglah ia banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman.

"Saya termasuk mahasiswa yang sedang-sedang saja berprestasi. Namun saat magang, pengalaman di bidang hukum menjadi luas dan langsung praktik. Karena saya dibimbing, ditempa oleh para mentor. Bahkan di tempat maganglah, passion di bidang hukum saya muncul, dan berketetapan hati di sinilah tempat yang tepat bagi saya, " ucapnya.

Ia juga mengaku, dari magang, memperoleh berbagai ilmu praktis. "Sehingga kini, apa yang saya punya, saya berikan pada peserta magang. Karena saya dulu juga mendapatkan ilmu yang banyak justru dari magang. Jadi saya ibaratnya berbalas budi pada apa yang saya dapatkan tempo lalu, " ujarnya.

Tak heran, ia selalu terbuka dan tidak segan untuk melibatkan semua hal dengan mahasiswa magang. "Kemana-mana mereka saya libatkan. Mulai dari research, ketemu klien, hingga sidang. Makanya saya bilang, mereka harus berpakaian rapi, karena kita ajak ke berbagai sidang, sehingga mereka berpengalaman bagaimana menghadapi hakim, jaksa, klien polisi dan lain-lain, " ucapnya.

Untuk fokus dan totalitas, ia juga menugaskan satu mentor untuk satu mahasiswa. "Ini agar para peserta magang benar-benar tertangani dengan efektif, " katanya. Bukan hanya ilmu dan pengalaman, Ardiansyah juga menyediakan pengganti bea transportasi bagi peserta magang.
(atk)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9997 seconds (0.1#10.140)