Lagi Daftar Beasiswa? Begini 4 Pertanyaan yang Sering Muncul saat Tahap Wawancara

Rabu, 07 Februari 2024 - 11:14 WIB
loading...
Lagi Daftar Beasiswa? Begini 4 Pertanyaan yang Sering Muncul saat Tahap Wawancara
Salah satu tahapan penting yang lazim dilakukan dalam penerimaan beasiswa adalah tahap wawancara. Salah satu pertanyaan saat wawancara biasannya berkisar soal potensi diri.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 pertanyaan yang sering muncul saat wawancara beasiswa . Mendapatkan beasiswa merupakan impian bagi sebagian besar mahasiswa. Fasilitas beasiswa tentu bisa meringankan beban keuangan yang harus ditanggung mahasiswa dan keluarga.

Salah satu tahapan penting yang lazim dilakukan dalam penerimaan beasiswa adalah tahap wawancara. Tahap wawancara ini bisa saja menjadi tahapan krusial seorang pendaftar beasiswa bisa diterima atau tidak.

Karena itu, untuk menghindari hasil yang kurang maksimal saat menjawab pertanyaan, ada baiknya calon pendaftar beasiswa mencari informasi materi apa saja yang kemungkinan ditanyakan dalam wawancara. Artikel kali ini akan membahas 4 jenis pertanyaan yang biasannya ditanyakan dalam wawancara beasiswa, simak ya!

4 Pertanyaan yang Sering Muncul saat Wawancara Beasiswa


1. Potensi Diri


Pertanyaan paling mendasar saat wawancara berlangsung adalah seputar diri sendiri. Pewawancara senang menanyakan hal yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan calon penerima beasiswa karena hal tersebut dapat menggambarkan karakter seseorang.

2. Alasan Memilih Beasiswa


Kedua, alasan memilih beasiswa. Pewawancara perlu mengetahui alasan mahasiswa mendaftarkan diri dalam beasiswa tersebut. Pertanyaan ini biasannya untuk memastikan kesungguhan pelamar dalam memperoleh beasiswa, sehingga pelamar beasiswa perlu memberikan alasan yang logis tanpa dibuat-buat


3. Motivasi


Motivasi menjadi poin penting untuk mengetahui seberapa kuat keinginan mahasiswa dalam memperoleh beasiswa. Motivasi juga digunakan untuk melihat daya juang mahasiswa.

4. Problem Solving


Problem solving mencakup cara mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan dan hambatan yang tengah dihadapi. Dari hal tersebut, pewawancara akan mengetahui cara seseorang dalam mengambil keputusan.

Terakhir, tidak memberikan argumen yang ngawur atau tidak bisa dipertanggung jawabkan. Saat sesi wawancara berlangsung setiap argumen yang diberikan pelamar adalah point penting dalam penilaian.

Dalam menjawab pertanyaan saat wawancara dilarang untuk mengarang jawaban sehingga terkesan baik padahal sebenarnya ngawur karena hal itu dapat berdampak pada penilaian
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0749 seconds (0.1#10.140)